Mohon tunggu...
Maria Olive
Maria Olive Mohon Tunggu... Anak yang suka mengamati permasalahan sosial

Berharap tulisanku bisa bermanfaat untuk banyak orang. Apa yang aku tulis di sini adalah hasil pendapatku sendiri, hasil dari pengamatan aku dan hasil dari kegiatan belajarku. Minat di bidang pendidikan dan sosial. Senang belajar dan mencoba hal baru. Semoga aku bisa terus memotivasi teman-teman semua:) Jangan pernah takut untuk bermimpi! Karena mimpi adalah awal dari kesuksesan untuk dia yang mau berjuang keras.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Memaafkan Masa Lalu

17 Mei 2021   16:27 Diperbarui: 17 Mei 2021   16:37 30 1 0 Mohon Tunggu...

Kita semua pasti mempunyai masa lalu ya. Mulai dari yang menyenangkan sampai yang menyedihkan. Ada juga masa lalu yang kelam, di mana kita melakukan kesalahan dan sampai saat ini rasa menyesal masih terus ada di dalam hati.

Lalu apa yang seharusnya kita lakukan?

Terbayang-bayang tentang masa lalu memang membuat kita merasa tidak nyaman. Apalagi jika di masa lalu kita melakukan kesalahan yang seharusnya tidak kita lakukan dan sampai saat ini rasa bersalah itu masih ada.

Jika ada di antara teman-teman yang sedang mengalami hal ini, sekarang aku mau ajak kalian untuk bisa memaafkan diri sendiri. Menyesal memang selalu datang di akhir, tapi jangan sampai rasa menyesal itu terus menghantui kamu sehingga akan menghambat semua aktivitasmu, apalagi sampai menghambat kamu berkembang.

Apa yang sudah terjadi ya sudah, toh kita juga tidak bisa kembali lagi ke masa lalu kan? Berdoalah kepada Tuhan, minta maaf pada-Nya, dan minta tuntunan Tuhan supaya kita dimampukan untuk bisa berubah menjadi lebih baik.

Fokuslah dengan apa yang kamu kerjakan saat ini dan juga fokus tentang masa depan kamu, ingat semua mimpi-mimpi kamu, dan teruslah bersemangat dalam berjuang. Karena sesungguhnya masa kamu akan cerah jika kamu mempersiapkan semuanya dari sekarang.

Mungkin sekarang kamu lagi merasa bersalah, kamu merasa tidak pantas, kamu terus kepikiran tentang masa lalu. Nah sekarang saatnya kamu lupakan semua itu. Tuhan itu maha kasih, dia sudah mengampuni setiap kesalahan kita maka kita harus bisa menggunakan kesempatan ini untuk berubah dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Jadikanlah masa lalu itu sebagai pelajaran untuk kamu dan sebagai bekal kamu untuk menjalani kehidupan yang lebih lanjut. Percayalah pasti ada maksud dibalik semua ini.

Mungkin rasanya berat untuk kita memaafkan, ya seperti ketika kita ingin memaafkan orang lain namun ada saja rintangannya. Tapi, mau bagaimanapun juga kita harus tetap saling memaafkan, termasuk memaafkan diri sendiri dan masa lalu kita. Cobalah untuk mencintai diri sendiri, karena kamu juga berharga.

Dekatkanlah diri dengan Tuhan, selalu minta pertolongan dari-Nya. Karena tidak ada sesuatu yang terjadi kecuali atas kehendak-Nya.

Yang namanya masa lalu memang tidak bisa diulang kembali. Kalaupun dulu kita bisa memilih, pastinya kita akan memilih tidak melakukan kesalahan itu kan. Tapi itu semua sudah terjadi dan kita tidak bisa kembali ke masa lalu untuk memperbaikinya. Yang ada hanyalah  waktu yang terus berputar dan terus berjalan maju. Mari kita perbaiki diri kita dari hari demi hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN