Mohon tunggu...
Maria Olive
Maria Olive Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Anak yang suka mengamati permasalahan sosial

Berharap tulisanku bisa bermanfaat untuk banyak orang. Apa yang aku tulis di sini adalah hasil pendapatku sendiri, hasil dari pengamatan aku dan hasil dari kegiatan belajarku. Minat di bidang pendidikan dan sosial. Senang belajar dan mencoba hal baru. Semoga aku bisa terus memotivasi teman-teman semua:) Jangan pernah takut untuk bermimpi! Karena mimpi adalah awal dari kesuksesan untuk dia yang mau berjuang keras.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Bermimpi Menjadi Penulis

12 Mei 2021   17:33 Diperbarui: 12 Mei 2021   17:45 255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Teman-teman di sini ada yang bermimpi menjadi seorang penulis? Kalau ada berarti kita mempunyai mimpi yang sama. Aku juga bermimpi menjadi seorang penulis, itu sebabnya sekarang aku bergabung di Kompasiana. Aku bergabung di sini untuk mengasah kemampuanku dalam hal menulis dan juga melatih aku untuk tetap disiplin dalam menulis. 

Menulis adalah kegiatan yang bisa dibilang gampang namun juga susah. Menulis bisa memjadi pengganti dalam kita mengungkapkan sesuatu. Tulisan kita bisa mencerminkan karakteristik diri kita. 

Saat ini sudah bukan menjadi hal yang tidak mungkin untuk kita menjadi penulis, karena sudah banyak peluang yang terbuka lebar untuk kita.  Namun, tetap saja semua itu haruslah disertai dengan perjuangan dan kerja keras. Harus ada kegagalan dan masa-masa sulit yang kita hadapi yaitu masa di mana karya kita tidak disukai oleh pembaca, masa di mana kita putus asa karena tulisan kita tidak banyak pengunjung, ada juga yang mimpinya ini tidak sejalan dengan orang tua. Kalau kamu sedang mengalami masa-masa sulit ketika menulis, bersabarlah dan jangan menyerah.

Mimpi kita haruslah kita jadikan sebagai hobi, jangan malah menjadikannya sebagai sesuatu yang membebani. Sama seperti ketika kita belajar. Kita belajar ya karena kita bisa, bukan karena harus dan terpaksa. Jadi, menulislah ketika kamu bisa untuk menulis, bukan ketika kamu terpaksa untuk menulis.

Coba menulis setiap hari. Lawanlah rasa malas itu. Aku juga dulu sering banget malas buat menulis, tapi aku coba pikirin apa ya yang bisa bikin aku semangat terus untuk menulis. Nah akhirnya aku memilih untuk menulis artikel. Semua itu juga aku lalui dengan berbagai macam tantangan. Aku selalu ingat bahwa kalau kita mau mulai sesuatu ya mulai aja. Jangan ragu dan jangan menunggu nanti. Kalau bisa sekarang ya lakukan sekarang dan tidak usah memikirkan berapa banyak orang yang akan membaca tulisan kita.

Memang benar terkadang kita suka sedih kalau pembaca tulisan kita tidak meningkat. Tapi bukankah semuanya memang butuh proses? Sama seperti kita ketika belajar berjalan. Tidak mungkin kan kita baru lahir langsung bisa berjalan dan berlari. Harus melalui perjuangan dan jatuh bangun terlebih dahulu.

Untuk bisa menjadi penulis yang hebat, kita haru bisa membuat karya yang bernilai dan bisa bermanfaat untuk banyak orang. Sesuaikan minat kalian ketika kalian mau mulai untuk menulis. Misalnya nih, kalau aku itu minat di bidang motivasi jadi aku membuat artikel yang berhubungan dengan motivasi. Karena kalau kita menulis di bidang yang kurang kita minati akan membuat kita kesulitan dalam menulis. Jadi, menurutku kalian temukan dahulu apa minat kalian. Bidang apa yang kalian rasa kalian itu cukup memahami. Tapi kalau kalian mau ganti genre dalam menulis ya tidak apa-apa, itu malah bagus karena kalian mau untuk mencoba. 

Kemudian seperti yang sudah aku bilang di atas. Cobalah untuk menulis setiap hari supaya kita juga semakin terbiasa untuk menulis dan bisa memperbaiki tulisan kita dari hari ke hari. Selain menulis setiap hari, kita juga harus perbanyak membaca buku supaya kita bisa menambah banyak kosa kata dan hal itu bisa mempermudah kita dalam menulis. Kita juga bisa mempelajari pola kalimat dari buku yang kita baca.

Aku juga masih dibilang baru dalam dunia kepenulisan. Jadi aku masih butuh banyak belajar. O iya, kalian juga bisa ikutin event-event kepenulisan atau seminar supaya kalian semakin semangat dalam menulis, selain itu kalian juga bisa menambah teman loh dari event ini. Siapa tahu merekalah yang akan membantu kamu untuk mencapai mimpimu.

Intinya tetaplah semangat dalam mencapai mimpi kalian ya!

Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun