Mohon tunggu...
Maria Callista Lovina
Maria Callista Lovina Mohon Tunggu... Mahasiswa FBE

Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Kid-Friendly Earth Day, Ajari Anak Hemat Energi dengan Cara Asik

13 April 2021   09:48 Diperbarui: 13 April 2021   10:20 136 4 0 Mohon Tunggu...

Pemborosan energi dan pencemaran lingkungan adalah suatu masalah utama yang dihadapi di dunia modern ini. Meskipun ada kemajuan teknologi yang besar akhir-akhir ini, namun hal itu juga mengundang dampak negatif bagi lingkungan. Dengan melakukan hal sederhana seperti menggunakan air dan listrik secukupnya maka kita akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dan pastinya kita akan selalu hidup dengan nyaman dengan kegiatan sederhana yang kita lakukan.

Mencari solusi untuk mengatasi masalah lingkungan dan pemborosan energi bukan hanya menjadi kewajiban pribadi lagi. Itu adalah sesuatu yang wajib dilakukan kita semua. Individu, organisasi, pemerintah, dan bahkan anak-anak perlu bekerja sama untuk melakukan penghematan energi dan melindungi lingkungan. Anak-anak harus diajari untuk melakukan penghematan energi sejak dini agar menjadi kebiasaan mereka saat sudah menjadi dewasa.

Tahun ini, ada kegiatan yang dinamakan Kid-friendly Earth Day yang ditujukan untuk membantu anak-anak Anda membangun kebiasaan hemat energi. Meskipun anak kecil belum bisa untuk membantu melakukan penghematan energi dengan cara yang rumit, namun ada banyak cara yang dapat dipelajari anak-anak untuk mengurangi pemborosan energi dirumah. Bahkan kebiasaan hemat energi yang paling sederhana pun dapat membuat perbedaan. Jadi, tertarik untuk mengajak si kecil bergabung?

Sebagai permulaan, carilah hal mudah untuk membuat daftar kegiatan hemat energi yang menyenangkan dan menghibur anak-anak tanpa merasa seperti tugas rumah. Cobalah membuat permainan dan tantangan yang tidak hanya akan membantu anak-anak memahami mengapa penghematan energi itu penting, tetapi juga akan mendorong mereka untuk melakukan kebiasaan hemat energi dengan kemauan sendiri. 

Ada penelitian yang menyatakan bahwa anak yang lebih kecil akan memahami konsep sederhana seperti cara mematikan lampu ketika mereka meninggalkan ruangan atau cara membuka tirai dan menggunakan cahaya alami jika memungkinkan. Aktivitas hemat energi bisa menjadi lebih kompleks dengan anak yang lebih besar melalui pembelajaran seperti perbedaan sumber energi. Siap untuk beberapa inspirasi hemat energi? Disini saya menuliskan 6 tip sederhana untuk mengajari anak-anak cara menghemat energi.

1. Matikan lampu

Hal tersulit yang dihadapi kebanyakan orang tua adalah meminta anak-anak mematikan lampu ketika mereka keluar dari kamar. Seperti yang diketahui banyak orang tua, anak-anak cenderung berkegiatan di sekitar rumah dan membiarkan lampu menyala di beberapa ruangan. Tetapi hal ini tifak akan berhentibsampai mereka diberi pelajaran yang baik tentang mengapa penting untuk mematikan lampu saat tidak digunakan. 

Jika anak-anak membiarkan lampu menyala adalah suatu permasalahan di rumah Anda, cobalah membuat permainan yang menyenangkan untuk mengatasi ini.Sempatkan untuk berjalan-jalan di rumah bersama anak-anak Anda dan lihat siapa yang dapat menunjukkan lampu yang masih menyala. Anda bahkan dapat mengadakan perlombaan dan melihat siapa yang dapat mematikan lampu paling cepat. Anak-anak menyukai kompetisi dan kemenangan! Ingatlah selalu untuk tidak mengomel atau mengkritik anak karena pelupa. Jika dijelaskan dengan tepat, kebanyakan anak akan melakukan yang terbaik untuk membantu dan dapat dengan mudah diarahkan untuk melakukan hemat energi.

 2. Matikan Perangkat listrik jika tidak digunakan.

Selalu ingatkan anak-anak untuk mematikan perangkat listrik saat tidak digunakan. Hal-hal seperti konsol game, pengisi daya, komputer, dan bahkan lampu dan televisi harus dimatikan karena barang-barang ini menghabiskan energi jika menyala namun tidak digunakan.. Untuk kegiatan tambahan, Anda dapat meminta anak-anak melakukan penelusuran rumah bersama Anda untuk menemukan gadget di dapur, kamar tidur, atau kamar mandi yang membuang-buang energi saat tidak digunakan. Pastikan untuk memperingatkan anak-anak kecil agar tidak mencolokkan dan mencabut perangkat ke stopkontak.

 3. Buatlah daftar "Energy House Rules"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN