Edukasi

Belajar Apa Sih Di Jurusan Bahasa Korea? (Part 1)

22 Mei 2014   20:27 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:14 9700 0 0
Belajar Apa Sih Di Jurusan Bahasa Korea? (Part 1)
14007389761467780896

Banyak sekali orang yang mengira bahwa belajar di jurusan bahasa hanya belajar bahasa saja. Namun tidak begitu kenyataannya. Seorang mahasiswa di jurusan bahasa belajar sejarah, linguistik, ekonomi, dan sebagainya. Saya sebagai alumnus jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Indonesia mau berbagi mengenai mata kuliah yang diajarkan di jurusan saya selama saya berkuliah disana. Saya masuk di tahun 2009 jadi kurikulum yang berlaku saat itu adalah kurikulum 2009. Namun kurikulum tidak akan banyak berubah sampai sekarang. Oke, mari kita mulai.

[caption id="attachment_308007" align="aligncenter" width="650" caption="Tahun pertama"][/caption]

Foto di atas diambil dari screenshoot nilai saya yang ada di website. Baiklah saya mulai penjelsannya ya.


  1. Bahasa Korea: Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea tentu saja pasti mempelajari bahasa Korea. Dengan 4 SKS setiap semester, mata kuliah Bahasa Korea dipelajari selama 6 semester. Jadi ada Bahasa Korea 1-6. Dalam 1 minggu kami mempelajari berbagai keterampilan berbahasa yaitu tata bahasa, berbicara, menulis, membaca, dan mendengar.
  2. MPK Seni/ Olahraga: Ini adalah mata kuliah wajib universitas bagi mahasiswa semester 1 atau 2. Kami bisa memilih mata kuliah seni atau olahraga yang kami sukai. Mata kuliah seni yang tersedia antara lain tari, gamelan jawa, musik dan sebagainya. Mata kuliah olahraga yang tersedia antara lain voli, basket, sepak bola, dan sebagainya.
  3. MPK Terintegrasi: Ini juga merupakan mata kuliah wajib universitas. Kami mempelajari filsafat dasar, bahasa Indonesia, dan pancasila di dalam kuliah ini. SKS mata kuliah ini adalah 6, setara dengan skripsi. Jadi nilai mata kuliah ini diusahakan jangan sampai di bawah A-.
  4. Pengantar Linguistik Umum: Di sini kami mempelajari dasar-dasar linguistik. Linguistik itu bisa dibilang matematikanya bahasa. Kita belajar cara pengucapan, penulisan, pembentukan kata dan sebagainya.
  5. Pengantar Sejarah Korea: Dalam mata kuliah ini, kami mempelajari sejarah Korea kuno. Mulai dari pendirian Korea yang didasari legenda Dangun sekitar 4000 tahun yang lalu.
  6. Fonetik dan Fonologi Bahasa Korea: Disini kami mulai mempelajari linguistik secara lebih dalam. Fonetik dan fonologi mempelajari mengenai bunyi dalam bahasa, khususnya kami mempelajarinya dalam bahasa Korea.
  7. MPK Agama: Ini merupakan mata kuliah wajib universitas bagi mahasiswa semester 1 atau 2. Pilihan agama yang ada sesuai dengan agama resmi yang ada di Indonesia. Kami tinggal memilih agama yang sesuai dengan identitas kami.
  8. MPK Bahasa Inggris: Ini merupakan mata kuliah wajib universitas bagi mahasiswa semester 1 atau 2.  Tingkat kesulitan bahasa yang diajarkan setara dengan tingkat TOEFL. Ujian pun dalam isian dan essay, jadi lebih baik jangan melupakan bahasa Inggris walaupun sudah kuliah^^
  9. Pengantar Kebudayaan Korea: Dalam mata kuliah ini, kami mulai mempelajari budaya yang ada di dalam masyarakat Korea. Tentu saja bukan budaya modern atau K-pop. Kami belajar mengenai keseharian orang Korea dan budaya yang terekat di dalam masyarakatnya.
  10. Pengantar Kesusastraan: Belajar di jurusan bahasa rasanya tak lengkap tanpa belajar sastra. Di dalam mata kuliah ini kami belajar sastra secara umum, walaupun diselingi dengan sastra Korea.
  11. Sejarah Korea Modern: Di dalam mata kuliah ini, kami mempelajar sejarah korea mulai dari masa dinasti Joseon akhir sampai penjajahan Jepang.


Demikian mata kuliah yang dipelajari dalam tahun pertama saya sebagai mahasiswa jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Indonesia. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Saya akan melanjutkan artikel ini dalam bagian kedua dan bagian ketiga yang akan menjelaskan mata kuliah yang saya ambil di tahun kedua dan ketiga saya. Salam.