Mohon tunggu...
Maria Fransiska H Furis
Maria Fransiska H Furis Mohon Tunggu... siswamaha

Berburu Ubur-Ubur

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Apa Itu Citizen Journalism?

11 Juli 2019   09:50 Diperbarui: 11 Juli 2019   10:10 0 1 1 Mohon Tunggu...

Citizen Journalism yang saat ini seting disebut juga denga CJ yang akhir-akhir ini sering menjadi perbincagan di media Internasional karena di beberapa negara ternyata memiliki kemampuan menjadi media alternatif bagi warga. 

Pada perkembangannya kemunculan CJ mendapatkan penolakan dari mainstream media yang merasa citizen jurnalis bukan profesional yang bisa melakukan reportase layaknya jurnalis profesional. 

Jurnalisme warga atau yang biasa disebut citizen journalism adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis, serta penyampaian informasi dan berita. Jurnalisme warga merupakan suatu tren baru yang akan terus berkembang di masyarakat.

Salah satu fenomena aktual yang berkaitan dengan citizen journalis (jurnalisme warga) dalam proses penyebaran informasi adalah maraknya aktivitas blog. 

Kehadiran blog, menjadikan internet benar-benar diperhitungkan di dunia media. Citizen journalism membuka ruang wacana bagi warga lebih meluas.

 Citizen journalism tidak bertujuan menciptakan keseragaman opini publik namun lebih menitik beratkan pada "inilah yang terjadi di lingkungan kita". Pemberitaan citizen journalism lebih mendalam dengan proses penayangan berita di televisi, dengan menggunakan visual dari masyarakat. 

Citizen Journalism juga bertujuan untuk melatih masyarakat agar dapat berinteraksi dan menyebarkan informasi secara cepat dan benar dan singkat, padat, dan dapat dipercaya (realistis). Walaupun bukan jurnalis yang profesional, masyarakat dapat mengabarkan sesuatu yang mungkin tadinya tidak penting menjadi penting.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x