Mohon tunggu...
MARES NICORAHANRA
MARES NICORAHANRA Mohon Tunggu... Aktor - MAHASISWA PENERIMA BEASISWA SEKOLAH TINGGIH PARIWISATA TRISAKTI
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Gemar Menulis dan Berbicara

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Menjaga Kulit Acne

28 Desember 2020   23:21 Diperbarui: 28 Desember 2020   23:26 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Salam pembaca Kompassiana dari saya Mares Nico Rahanra mahasiswa STP Trisakti jurusan S1 Hospitality dan Pariwisata dan saya juga merupakan penerima beasiswa prestasi dari STP Trisakti.Mohon dukungannya semua. 

Siapa sih yang gak mau punya kulit sehat terawat dan bebas jerawat? Pasti semua manusia di dunia ini menginginkan kulit mulus bersih dan sehat,Tapi pada kenyataannya hampir semua manusia memiliki masalah pada kulitnya masing-masing. Termasuk saya yang sempat mengalami jerawat parah sampaikan sekarang namun tidak terlalu parah seperti dulu.Nah yang menjadi poin utama perjalanan jerawat saya ini dimulai dari ada salah satu tetangga saya yang dalam seminggu bisa tiba-tiba putih Saya tanyain dong dia pake krim wajah apa. Ternyata beberapa orang jawabnya beda.  Mulai dari merek yang waktu itu banyak iklannya di TV sampai yang baru pertama kali saya dengar namanya. Karena kebelet pengen putih juga, saya ikut cobain pakai krim wajah yang mudah didapat di toko-toko.Semenjak itu saya mulai suka gonta-ganti skincare mulai dari facial wash, cream pelembab, dan bedaknya nggak pernah ada merek yang bisa bertahan sebulan. Saya mudah kegoda sama apa yang orang lain pakai. Itu kesalahan saya, padahal cocok di orang lain belum tentu cocok di saya, kan. Apalagi waktu itu harusnya kulit saya yang masih remaja nggak perlu dimacem-macemin.Gara-gara kebiasaan buruk itu jerawat saya mulai banyak. Saya sudah coba berbagai krim penghilang jerawat sampai masker-masker tradisional. Tapi nihil. Jerawat itu makin subur, berkembang biak dan bikin perternakan di wajah saya. Namun seiring waktu berjalan saya pun memahami bahwa kulit saya perlu di sayangi dan dimengerti,untuk itu Secara umum wajah yang berjerawat biasanya cenderung berminyak. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin mencuci muka dengan pembersih wajah berbahan dasar BHA yang mengandung asam salisilat sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Pilihlah produk dengan kandungan BHA tidak lebih dari 2 persen.Saat jerawat sedang meradang jangan dulu panik atau stres. Sebaiknya, gunakan produk khusus jerawat seperti BHA, benzoil peroksida, atau asam azelaic. Berbagai kandungan tersebut membantu meringankan peradangan dan mengatasi jerawat.Jika kita memiliki kulit wajah mudah berjerawat sebaiknya hindari bahan-bahan yang mudah mengiritasi kulit. Tak hanya itu, kita juga tidak disarankan untuk menggunakan produk riasan yang bersifat komedogenik atau memicu timbulnya komedo.Kita juga perlu menghindari produk tabir surya yang mengandung avobenzon, PABA, dioxybenzone, atau homosolate. Jika ternyata tabir surya yang miliki mengandung berbagai bahan tersebut, hindari memakainya lebih dari 3 jam. Pasalnya, berbagai kandungan tersebut sangat mudah menyumbat pori dan memicu timbulnya jerawat. Untuk itu sangatlah penting kita mengetahui apa jenis kulit jerawat kita dan produk apa yang cocok untuk kulit kita

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun