Mohon tunggu...
Mardy Siagian
Mardy Siagian Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Siswa

Halo semuanya, terima kasih sudah berkunjung ke profile saya, semoga artikel yang saya buat bisa bermanfaat bagi kalian.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perbandingan Kualitas Pendidikan di Indonesia dengan di Finlandia

29 November 2022   18:22 Diperbarui: 29 November 2022   18:29 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto saya buat sendiri

Pendidikan adalah suatu hal yang penting bagi setiap negara, karena jika setiap warga negara bisa mendapatkan pendidikan yang baik, maka negara tersebut juga akan menjadi negara yang berkembang. Oleh karena itu pemerintah harus memberikan kualitas pendidikan yang baik kepada setiap warga nya tanpa mebeda-bedakan setiap daerah.


Di Indonesia sendiri pendidikan di Indonesia masih belum bagus karena Indonesia sendiri berada di urutan ke-54 di tahun 2021, jika dibandingkan dengan Finlandia sangat jauh, karena Finlandia sendiri berada di urutan ke-15 pada tahun 2021 dan Finlandia juga merupakan negara dengan pendidikan terbaik di dunia, mengapa demikian?

Sistem pendidikan di Finlandia dan di Indonesia sangat berbeda. Jam belajar di Indonesia rata-rata 6-7 jam, sedangkan di Finlandia hanya 4-5 jam dan di Finlandia setiap 45 menit pembelajaran, siswa mendapatkan waktu 15 menit istirahat dengan tujuan otak bisa fokus secara optimal. Dan di Finlandia lebih banyak menekankan penguasaan bahasa dan sastra termasuk bahasa asing.

Di Finlandia guru harus memiliki kompetensi setara Strata 2 dengan nilai terbaik. Di Finlandia kualitas masing-masing sekolah tidak berbeda jauh sehingga tidak terlihat kesenjangan antar siswa. Finlandia menanggung biaya pendidikan di sekolah hingga perguruan tinggi Strata 1.

Di Finlandia sendiri ada 5 jenjang pendidikan, yaitu 1)Pra pendidikan dasar, 2)Pendidikan dasar dan menengah, 3)Tertiary pendidikan, 4)Pendidikan tinggi, 5)Pendidikan dewasa. Pra pendidikan dasar, wajib belajar di mulai pada tahun ketika seorang anak menjadi tujuh tahun. Sebelum anak menginjak usia wajib belajar, anak berpartisipasi dalam pendidikan anak usia dini.

Perbedaan kualitas pendidikan dan sistem pendidkan antara Indonesia dan Finlandia ternyata sangat berbeda jauh, perbedaannya terletak pada jam belajar atau waktu sekolah antara Indonesia dengan Finlandia yang berbeda, dan juga kualitas pendidikan tenaga kerja yang berbeda, dan sistem atau peraturan yang di buat oleh negara yang menjadikan suatu negara tersebut memiliki warga yang memiliki pendidikan yang baik.

Hal yang bisa di lakukan oleh Indonesia supaya bisa menyerupai kualitas pendidikan di Finlandia adalah dengan lebih memperhatikan kualitas guru dan menekankan siswa untuk menguasai kemampuan bahasa terutama bahasa asing, dan pemerintah juga harus lebih memperhatikan pendidikan di wilayah yang terpencil. Dan tidak membedakan kemampuan antar siswa supaya setiap siswa bisa mendapatkan pendidikan yang sama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun