Mohon tunggu...
Ummi Mardliyah
Ummi Mardliyah Mohon Tunggu... Guru - Pengembara dan Penikmat Pelajaran Kehidupan

Setiap rasa itu valid untuk diapresiasi || Content writer @harmoniduahati on IG || Travelling-Culinary

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Alternatif Belajar dengan Konsep "Joyful Learning" di Gresik ala UPN Veteran Jawa Timur

7 Agustus 2022   12:49 Diperbarui: 7 Agustus 2022   13:21 156 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Alternatif Belajar-Konsep joyful learning di Gresik ala UPN “Veteran” Jawa Timur

Kabar Jatim--Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur (Jatim) menggalakkan Program Liburan Sekolah, yaitu program belajar yang dilaksanakan selama liburan sekolah dari tanggal 27 Juni- 8 Juli 2022. 

Berbeda dengan program belajar lainnya, program Liburan Sekolah ini mengusung konsep “joyful learning” atau pembelajaran menyenangkan melalui bermain, bercerita, dan bereksperimen untuk anak-anak yang tinggal di Menganti dan sekitarnya. 

Tidak hanya berfokus pada peningkatan kemampuan akademik anak, program ini juga bertujuan untuk mengasah kreatifitas (creativity), menumbuhkan rasa percaya diri (confidence), melatih jiwa kepemimpinan (leadership) dan kewirausahaan (entrepreneurship), dan menanamkan kebiasan berpikir kritis (critical thinking skills).

Kegiatan yang berlangsung selama dua minggu itu dilaksanakan di Rumah Pintar dan Kreatif Cendekia yang terletak di Desa Boteng RT. 08, RW. 03, Menganti, Gresik. Program ini dilaksanakan sebagai wujud pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian Masyarakat.

Ketua Program Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jatim, menjelaskan bahwa adanya program ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa yang cenderung menurun karena keadaan pandemi yang cukup lama. 

“Melalui program ini, diharapkan anak-anak punya kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan akademik dan non-akademik seperti peningkatan soft-skills selama liburan sekolah. Saya juga berharap anak-anak dapat mengurangi penggunaan gadget atau screentime ketika libur sekolah,” ungkap Navisatul Izzah.

Dokumentasi pribadi, diambil ketika mendekorasi tempat pensil yang dibuat dari botol bekas di kelas seni 
Dokumentasi pribadi, diambil ketika mendekorasi tempat pensil yang dibuat dari botol bekas di kelas seni 

Pada pelaksanaannya, Navisatul Izzah juga melibatkan mahasiswa yang tinggal di sekitar Desa Boteng untuk turut andil dalam program pengabdian masyarakat. 

“Saya juga ingin menanamkan kepada mahasiswa ini untuk peduli dengan lingkungan di sekitarnya, termasuk untuk turut berperan aktif dalam meningkatkan prestasi belajar adik-adiknya yang tinggal di sekitar sini.”. Selama dua pekan program liburan sekolah, kelas yang disediakan meliputi Kelas Matematika dan Sains, Kelas Bahasa Inggris, Kelas Agama, Kelas Seni, Kelas Olahraga, dan Kelas Memasak (Cooking Class).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan