Mohon tunggu...
Mardiana lim
Mardiana lim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Muda

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip X ExoVillage Membimbing Warga Desa Kantor, Delta Pawan, Ketapang dalam Melakukan Promosi Desa

8 Desember 2021   09:59 Diperbarui: 9 Desember 2021   20:10 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada 11 November 2021, pengenalan platform ExoVillage diberikan kepada warga desa. UMKM juga menjadi sasaran dalam hal promosi desa sebab produk-produk yang hanya tersedia di Desa Kantor merupakan produk unggulan yang seharusnya dikenal luas oleh masyarakat lain. Pembimbingan UMKM dilakukan di Desa Kantor, salah satunya adalah Rumah Makan Sapo. Rumah makan ini menyediakan nasi sapo ayam crispy yang enak dan unik dan sangat diminati oleh masyarakat di Desa Kantor maupun diluar desa tersebut. Pembimbingan dilakukan dengan pemilik rumah makan sapo tentang bagaimana platform ExoVillage dapat mempromosikan kuliner tersebut. Pemilik rumah makan sapo pun bersedia untuk mempromosikan kulinernya dan meyakini bahwa promosi tersebut dapat membantu bisnisnya.  Seluruh rangkaian kegiatan ini dibimbing oleh dosen Universitas Diponegoro yaitu dr. Sri Winarni, M. Kes. 

Selanjutnya adalah pembentukan kader yang akan mewakili seluruh warga desa untuk melakukan promosi digital melalui platform ExoVillage. Kegiatan ini dibantu oleh kepala desa Kantor untuk mengumpulkan warga desa yang berusia 16-40 tahun yang memiliki minat belajar dan mengembangkan diri, memiliki minat tentang promosi digital dan memiliki Handphone atau komputer. Program ini sangat tepat diberikan untuk mengatasi permasalahan yang ada di desa Kantor. Permasalahan Desa Kantor ini adalah desa belum melakukan promosi potensi desa yang dimilikinya. Program ini sangat relevansi dengan permasalahan di Desa Kantor sebab melalui program pemberdayaan masyarakat ini, kita akan mengarahkan masyarakat untuk membuat daftar produk unggulan desa, membuat materi promosi digital potensi desa dan membentuk kader promosi potensi desa yang akan fokus dalam melakukan aktivitas promosi digital.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Orang-orang terpilih ini disebut sebagai kader yang akan melakukan aktivitas promosi digital potensi dan produk desanya. Tujuan adanya promosi desa ini untuk mendukung Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) desa yang berkontribusi besar untuk pembangunan berkelanjutan global. Setelah dibentuk ketiga kader ini, kemudian dilakukan pelatihan kader untuk membantu para kader agar dapat membuat bahan promosi desa yang baik dan benar serta dapat mempromosikannya ke platform ExoVillage. Harapan masyarakat dan kader adalah tercapainya tujuan dalam mempromosikan potensi desanya secara global sehingga dapat mendatangkan wisatawan-wisatawan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun