Mohon tunggu...
mardiana
mardiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa unnes

pelajar di unnes

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pertempuran Lima Hari di Semarang

1 Desember 2021   00:22 Diperbarui: 1 Desember 2021   00:25 94 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pertempuan lima hari di semarang merupakan pertempuran antara rakyat indonesia yang berusaha keras melawan para tentara jepang di semarang, yang pada saat itu merupakan, masa transisi kekuasaan belanda (i15-19ioktoberi1945i) pertempuran ini merupakan salah satu peristiwa penting dan bersejarah yang tidak boleh di lupakan begitu saja oleh orang-orang.

Pertempuran ini bermula setelah jepang menyerah pada sekutu tanpa syarat, dan setelah amerika serikat membuang bom atom di Hrioshima dan Nagasaki yang terjadi pada tanggal 6 sampai 9 agustus 1945

Latar belakang terjadinya pertempuran 5 hari semarang

hal Yang melatar berlakangi ternjadinnya pertempuran ini adalah saat setelahiIndonesia melakukan proklamasih lemerdekaan padai17 agustus tahun 1945, ada beberapa pasukan jepang yang belum kembali ke negara mereka, dan beberapa pasukan tersebu di pekerjakan di pabrik dan sector lannya.

Dan saat itu juga pasukan sekutu Bersama belanda datang kembali ke indonesua, dengan tujuan melucuti senjata dan ingin memulangkan beberapa pasukan jepang adi yang masih berada di Indonesia iuntuk kembalik ke negara mereka.

pada tanggal 14 oktober i1945, beberapa pasukan jepang ang di pekerjakan di pabrik akan di pindahkan di tengah perjalanan mereka melakukan perlawanan

Para pasukan jepang itu menyerang tentara Indonesia yang mengawal mereka, setelah melakukan perlawanan merekapun kabur dan bergabung Bersama kidobutai di jatingaleh atau sebutan aslinya adalah atalyon jepang yang di pimpin oleh Jendral Nakumura dan Mayor Kido, dan saat itu ingin menyelematkan para orang-orang jepang yang di tahan. seperti yang di kutip dari buku ilmu pengetahuan sosial i3 iuntuk iSMP/MTs ikelas IX oleh Ratna Sukmayani, Thomas K. Umang, Sedono, Seno Kristianto, dan Y. Djoko Raharjo.

Pada saat itu mereka bergabung dengan pasukan kodi butai yang memiliki pasukan sekita 2000 pasukan. Kodi butai sendiri merupakan orang-orang atau prajurit yang di Tarik dari pertempuran asia pasifik.

Dimulainya pertempuran 5 hari semarang

Setelah Mengetahui pasukan jepang tersebut kabur, rakyat semaranh tentu tidak terima dan meminta jepang untuk segera menyerahkan seluruh senjata mereka, tatapi permintaan tersebut di tolak oleh Mayor Kido.

Rakyat semarang tidak menyerah begitu saja, merekapun melakukan diskusi, dan mereka berencana untuk mencegat dan memeriksa mobil para pasukan jepang yang akan melintas di depan RS Purusara, yang merupakan markas para warga semarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan