Mohon tunggu...
Marcellino Mukti Prabowo
Marcellino Mukti Prabowo Mohon Tunggu... mahasiswa

seorang mahasiswa yang sedang belajar menulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Perkembangan Teknologi Komunikasi Melahirkan Budaya Baru Dalam Menjalin Relasi dan Komunikasi

20 Januari 2021   03:58 Diperbarui: 20 Januari 2021   04:01 216 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkembangan Teknologi Komunikasi Melahirkan Budaya Baru Dalam Menjalin Relasi dan Komunikasi
Image caption

Artikel ilmiah ini dibuat dan ditulis dengan tujuan untuk mengetahui dan menggali lebih dalam tentang perkembangan teknologi komunikasi dan dampak yang di timbulkannya berupa kebiasaan atau budaya baru dalam menjalin relasi komunikasi dengan sesama manusia. Metode kualitatif digunakan pada penulisan artikel ilmiah ini guna mendeskripsikan dan mendefinisikan data dari hasil penelitian melalui kuisioner ke dalam pernyataan untuk menjawab sebab akibat  . Budaya dan kebiasaan baru yang timbul karena perkembangan teknologi komunikasi yang kencang dan tidak pernah berhenti  merupakan hasil penelitian yang akan difokuskan pada artikel ilmiah ini. Hal lain dan dampak yang berhubungan dengan kebudayaan baru tersebut tentunya juga akan digali dan dibahas secara mendalam dalam artikel ilmiah ini guna memberitahu kepada pembaca secara mendalam perihal budaya baru yang timbul tersebut.

Kata kunci  : dampak, teknologi komunikasi.

Penelitian telah dilakukan dan telah diselesaikan guna membuat artikel ilmiah ini. Penelitian dilakukan oleh penulis di tempat tinggalnya karena penelitian guna memenuhi data pada artikel ini dilakukan di masa pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan penulis untuk melakukan penelitian dan wawancara secara langsung terhadap target penelitian karena penulis harus mematuhi protocol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah untuk belajar dan bekerja dari rumah dan menghindari keramaian guna menjaga kesehatan supaya tubuh terhindar dari virus korona. Penelitian dilakukan selama dua minggu lamanya  dengan menggunakan media social melalui kuisioner. Kuisioner disebarkan kepada target penelitian melalui media social. Target hanya perlu mengisi kuisioner tersebut sesuai dengan apa yang mereka rasakan. Target dari penelitian ini Penelitian mencapai 63 orang dan hasil survey melalui kuisioner tersebut bisa dibilang lumayan berhasil. Penelitian  dengan tema teknologi ini dilakukan guna mengetahui dampak tentang perkembangan teknologi terhadap relasi antar manusia baik dari dampak positif maupun dampak negatifnya namun penulis menemukan hal baru yang bisa di gali lebih dalam dari penelitiannya yaitu kebiasaan atau budaya baru terhadap dalam menjalin relasi komunikasi yang disebabkan  oleh perkembangan teknologi komunikasi.

Teknologi merupakan serangkaian sarana untuk menyajikan alat-alat yang berguna untuk memudahkan kehidupan manusia dalam menjalankan segala aktifitasnya.(Muhammad Ngafifihtt,2021:2). teknologi merupakan hasil olah pikir manusia yang pada akhirnya digunakan manusia untuk mewujudkan berbagai tujuan hidupnya, teknologi menjadi sebuah instrumen untuk mencapai tujuan.(Muhammad Ngafifihtt,2021:2) Teknologi juga merupakan hasil perkembangan rasionalitas manusia. (Syerif Nurkhaim,2015:42)   Perkembangan teknologi komunikasi pada masa ini telah mencapai kemajuan yang signifikan. Berkat adanya perkembangan telepon konvesional menjadi telepon genggam yang sangat memudahkan manusia untuk menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Telepon genggam ditemukan oleh Martin Cooper yang pada saat itu bekerja di Motorola.((Syerif Nurkhaim,2015:42)) Perkembangan demi perkembangan teknologi komunikasi berjalan terus menerus tanpa pernah berhenti seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan yang tidak pernah berhenti inilah yang menjadi pendorong bagi teknologi komunikasi untuk terus berkembang dan membuat suatu keadaan untuk mempermudah manusia dalam beraktivitas dan memangkas waktu bagi individu individu dalam melakukan komunikasi dengan individu lainnya. Kemudahan dan kepraktisan yang ditimbulkan oleh perkembangan yang ada tentunhya menghasilkan atau melahirkan cara dan kebiasaan baru dalam melakukan sesuatu yang nantinya akan dibahas dibagian pembahasan pada artikel ilmiah ini. Kebiasaan baru tersebut pastinya akan menghasilkan dampak baik secara positif dan negative yang tentunya akan digali mendalam pada pembahasan artikel ilmiah ini. Besarnya dampak negative dan positif dari perkembangan teknologi tentunya bergantung pada individu manusia itu sendiri, mau kearah mana dia mengarahkan dirinya dalam memanfaatkan perkembangan teknologi.  

Penelitian dan artikel ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tentang dampak dan budaya baru  yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi, bagaimana para pengguna teknologi memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi yang ada. Budaya dan kebiasaan baru yang timbul dari adanya perkembangan teknologi komunikasi akan dibahas dampaknya baik secara positif maupun negative. Dampak negative dan dampak positif tersebut tentunya menjadi hal dan perhatian penting bagi penulis dan pembaca artikel ilmiah ini. Penting bagi kita untuk menganalisis secara mendalam hal-hal rinci dan konkrit perihal dampaknya guna mencari solusi dan cara terbaik untuk menyelesaikan dampak negative yang timbul suapaya dampak negative tersebut tidak menjadi sesuatu yang menimbulkan pengatuh negatif yang berbahaya dan  serta memanfaatkan potensi potensi positif pada kebudayaan baru tersebut untuk menjadikannya hal-hal baru yang berguna dan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh semua kalangan guna meningkatkan pemanfaatan teknologi komunikasi ke arah yang benar dan dapat menjadi penghubung antar individu secara baik Karena budaya teknologi menuntut kemampuan kreatif dan daya inovatif dari setiap orang yang terlibat di dalamnya. Kebutuhan akan inovasi inilah yang mendorong sains dan teknologi Barat mampu menjelajah daerah-daerah baru, menghasilkan kebaruan (newness), dan mencapai kemajuan (progress). Ada penghargaan (material, sosial, moral) yang sangat tinggi terhadap inovasi sehingga diperlukan perlindungan khusus atas hak intelektual penciptanya.[1]

Penelitian dan penulisan artikel ilmiah ini banyak menggunakan metode kualitatif . Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif.[1] Menggunakan  metode kualitatif karena artikel ilmiah ini banyak membahas dan mengungkap tentang hubungan sebab akibat dan pendefinisian data hasil penelitian kedalam bentuk definisi kalimat yang mengungkapkan kepada pembaca mengenai  pembahasan serta hasil penelitian secara lengkap dan jelas melalui analisis pada hasil survey yang tentunya dibandingkan dengan kehidupan nyata seperti mengapa perkembangan teknologi komunikasi membuat ketergantungan dan melahirkan budaya baru dalam masyarakat, budaya baru seperti apa yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi komunikasi, dandampak positif dan negative dari budaya baru yang timbul tersebut. Metode kuantitatif tidak diperlukan dalam artikel ilmiah ini karena angka dan data tidak bisa menjawab pernyataan sebab akibat dari rumusan masalah dan pembahasan yang dilakukan oleh penulis. 

 

            Yang menjadi objek atau titik perhatian pada  penelitian untuk penulisan karya tulis ilmiah ini adalah  kebudayaan atau kebiasaan baru yang muncul dari perkembangan teknologi komunikasi serta dampak-dampaknya baik dampak positif maupun dampak negatif yang timbul atau diberikan oleh  kebudyaan baru akibat perkembangan teknologi komunikasi. Pada artikel ilmiah ini yang dijadikan sebagai populasinya adalah mahasiswa baru tahun 2020 dari semua fakultas yang ada di  UPN Veteran Jakarta yaitu dari fakultas hukum, fakultas ilmu social dan ilmu politik, fakultas ilmu computer, fakultas ilmu kesehatan, fakultas teknik, fakultas kedokteran , dan fakultas ekonomi dan bisnis. Penelitian ini menjadikan mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta dari semua fakultas karena penelitian ini dilakukan pada masa pandemic covid -- 19 yang tidak memungkinkan untuk penulis melakukan penelitian diluar lingkungan kampus UPN Veteran Jakarta.

 

      Dalam penelitian ini, sampel yang bisa atau dapat dikumpulkan oleh penulis adalah 63 orang mahasiswa baru dari total seluruh mahasiswa baru dari semua fakultas yang ada di UPN Veteran Jakarta. Sampel dilakukan hanya kepada 63 orang dikarenakan keterbatasan akses dan ruang serta media sosial yang dapat kami untuk menjangkau lebih dari 100 orang mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta, dan juga keterbatasan terhadap orang orang yang penulis  kenal dan dapat penulis minta untuk membantu survey ini.  Karena penelitian pada karya ilmiah ini dilakukan hanya melewati survey via google formulir maka sampel yang dapat digunakan pada penelitian ini hanya sebatas kepada orang orang yang menanggapi dan juga menjadi responden pengisian formulir tersebut dan hanya 63 orang lah yang menjadi responden pada survey melalui google form tersebut.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN