Kesehatan

Menjaga Kulit Cerah Saat Puasa

10 November 2017   08:48 Diperbarui: 10 November 2017   08:51 266 0 0
Menjaga Kulit Cerah Saat Puasa
buah-5a0470029f91ce111f417224.jpg

Saat berpuasa kulit akan terlihat pucat dan kusam, mungkin karena kekurangan cairan dan juga asupan makanan. Saat berpuasa pastikan tubuh anda tidak kehilangan vitamin penting dan mineral. Saat berbuka puasa atau sedang sahur pastikan tubuh anda mendapatkan nutrisi dari makanan tersebut. Asupan nutrisi yang tepat akan membua penampilan ada tetap terjaga. Ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan kulit, rambut dan kuku. Dilansir dari CNNIndonesia, inilah beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat kulit menjadi sehat;

1. Vitamin A

Vitamin ini berfungsi untuk mencegah kekeringan dan dehidrasi, kulit akan terasa halus dan lembut. Makanan yang mengandung vitamin A adalah wortel, aprikot, bayam, dan sayuran berdaun hijau. Sebaiknya selama berpuasa konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A untuk menjadi hidangan utama.

2. Vitamin B

Asupan vitamin B yang kurang akan membuat kulit menjadi kering. Saat berbuka puasa sebaiknya sediakan makanan yang mengadung vitamin B. Makanan yang mengandung vitamin B seperti daging tanpa lemak, ayam atau ikan. Selain itu anda juga bisa mengganti konsumsi roti tawar dengan menggunakan roti gandum. Makanlah sup kacang merah saat berbuka puasa.

3. Vitamin E

Vitamin E terdapat di kacang-kacangan dan minyak sayur. Vitamin E ini penting untuk membantu mengurangi penampilan wajah yang penuh kerutan.

4. Vitamin C

Vitamin C berperan dalam mempertahankan integritas dan kecerahan kulit. Saat berpuasa makan buah-buahan seperti jeruk, strawberi, dan melon.

5. Antioksidan

Antioksidan, selenium dan zinc bertugas menjaga sel kulit dan mempertahankan kulit sehat. Kandungan tersebut dapat ditemui di daging dan makanan laut seperti udang yang dapat disajikan sebagai makan penutup atau makanan utama.

6. Asam lemak Omega-3

Lemak ini akan membantu melindungi kulit dan memastika kulit terlihat cerah. Asam lemak yang dibutuhkan tubuh ini tidak bisa melakukan proses sintesi sendiri sehingga perlu menyantap ikan untuk mengurangi kadar asam lemak. Makanlah ikan paling tidak dua kali dalam seminggu selama berpuasa. Sebaiknya ikan diolah dengan cara dipanggang atau dibakar.

7. Air

Untuk mencegah dehidrasi pada kulit, minumlah air putih. Saat berpuasa pastikan asupan air dalam tubuh tidak berkurang. Selama berpuasa pastikan anda minum 8 gelas air dalam sehari. Anda juga bisa mengolah air ini ddengan menambahkan buah ataupun perasa lain.