Mohon tunggu...
Marcella Valencia
Marcella Valencia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga, Surabaya

Saya adalah mahasiswa semester 2 dengan jenjang S1 Teknologi Hasil Perikanan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Budaya Batik pada Generasi Muda

6 Juli 2022   22:00 Diperbarui: 6 Juli 2022   22:52 160 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penggunaan batik di lingkungan kampus Universitas Airlangga/dokpri

Kebudayaan Indonesia adalah budaya yang diciptakan oleh bangsa Indonesia sebagai suatu karya asli dan kebanggaan yang mencerminkan jati diri bangsa Indonesia seutuhnya. Nilai budaya Indonesia tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun atau kekuatan lain. 

Budaya Indonesia sangat beragam dan mengandung banyak budaya yang berbeda. Sudah sepatutnya kita sebagai negara Indonesia menjaga dan melestarikan budaya kita khususnya budaya Indonesia, karena keragaman ini merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan bangsa yang memiliki keragaman ras, agama, suku, dan budaya yang sangat beragam. Namun, seringkali kita tidak menyadari pentingnya budaya Indonesia. 

Terkadang, setelah mendapat penghormatan dari bangsa lain barulah kita menyadari bahwa budaya Indonesia harus dilindungi. Namun, alangkah baiknya jika seluruh warga negara Indonesia sadar akan nilai-nilai budaya Indonesia, bukan hanya yang sudah diakui oleh bangsa lain. 

Budaya Indonesia harus selalu dilestarikan dan dilindungi. Salah satu strategi yang perlu dilakukan untuk melestarikan dan melindunginya adalah mengedukasi atau menyampaikan kepada anak-anak yang masih dini tentang pentingnya budaya Indonesia dan mewariskannya kepada generasi muda, karena mereka akan menjadi generasi yang akan memerintah bangsa kita tercinta setelah kita. Selain itu, kita dapat berkontribusi pada budaya Indonesia dalam beberapa hal dengan menggunakan barang-barang lokal. 

Dengan menggunakan barang-barang lokal, masyarakat Indonesia secara tidak langsung telah memperoleh pemahaman tentang aspek positif dari budaya mereka, sehingga memungkinkan mereka untuk menumbuhkan rasa cinta terhadapnya. Salah satu komponen budaya Indonesia yang diproduksi dan diciptakan di dalam negeri sendiri ialah Batik.

Seni batik yang berasal dari masyarakat Indonesia telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia. Banyak negara yang menjadi penggemar bentuk seni batik Indonesia, dimana mereka sebagai wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia dan membawa pulang batik sebagai kenang-kenangan atau biasa disebut oleh-oleh. 

Batik Indonesia sebagai produk yang telah digunakan sejak zaman Majapahit yang pada mulanya digunakan oleh Raja beserta keluarganya. Namun karena dunia berkembang lebih cepat, semua orang di Indonesia mulai mengenal batik Indonesia. Selama ini batik dianggap sebagai salah satu kreasi yang bisa dibanggakan oleh bangsa Indonesia. 

Masing-masing dari banyak motif berbeda yang terlihat pada kain batik Indonesia menyampaikan makna khusus dalam kehidupan masyarakat Indonesia. 

Oleh sebab itulah kegiatan membatik menjadi sebuah kegiatan sehari-hari bagi wanita Indonesia, terutama ibu rumah tangga yang menggunakannya untuk menghasilkan pendapatan melalui karya kesenian batik yang dihasilkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan