Mohon tunggu...
Afifuddin lubis
Afifuddin lubis Mohon Tunggu...

Selalulah belajar dari siapapun

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Konsul Jepang di Medan Selenggarakan Resepsi HUT Kaisar Akihito

5 Desember 2018   13:33 Diperbarui: 5 Desember 2018   13:37 157 0 0 Mohon Tunggu...

Konsul Jepang di Medan Adakan Resepsi Ultah Kaisar Akihito
Tentang Jepang tentunya tidak banyak lagi yang perlu dibicarakan .Semua kita sudah tahu seperti apa negeri matahari terbit ini. Masyarakat dunia juga sangat terkesan melihat kemajuan negara itu .Hanya kurang dari dua puluh tahun,negara yang porak poranda akibat perang dunia kedua itu telah mampu bangkit menjadi negara yang punya kekuatan ekonomi yang diperhitungkan di jagad ini.

Banyak  studi yang dilakukan untuk melihat dimana sesungguhnya kekuatan bangsa ini. Dari banyak sudut pandang itu bagi saya yang selalu menarik ialah bagaimana bangsa Jepang yang Modern itu tetapi masih menghargai tradisi ,adat budaya nya.Bangsa Jepang mampu sebagai manusia Modern dan disisi lain mereka juga adalah masyarakat tradisional yang dalam tarap tertentu tidak terserabut dari tradisinya.

Tidak sedikit yang mengatakan ,kemajuan bangsa ini karena adanya peran kaisar ,yang tidak hanya sebagai kepala negara tetapi juga sebagai pemersatu bangsa. Sepanjang yang saya ketahui ,masyarakat Jepang yang Modern yang punya wawasan luas itu tidak pernah menuntut agar monarki diakhiri dan bentuk pemerintahan diubah menjadi Republik .

Bagaimana hebatnya peran seorang kaisar antara lain terlihat sesudah kalahnya negara itu karena dua bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima dan Nagasaki ,tetapi Kaisar Hirohito mampu membimbing bangsanya berjalan tertatih tatih keluar dari penderitaan dan pada akhirnya menjadi kekuatan ekonomi yang cukup disegani.

Karenanyalah semakin menarik untuk mencermati bagaimana bangsa Jepang menghormati Kaisarnya. Ditilik dari sejarah nya ,kaisar juga merupakan pemegang kewenangan tertinggi agama Shinto karena dia dan keluarganya dipandang sebagai keturunan demi matahari Amaterasu.Kaisar juga punya kewenangan  menangani urusan keagamaan ,termasuk ritual Shinto dan ritual seluruh bangsa.

Saat ini kaisar Jepang adalah Akihito yang telah berada di Tahta Kekaisaran sejak dirinya dinobatkan sebagai kaisar sejak ayahnya ,Kaisar Hirohito meninggal pada tahun 1989. Akihito adalah Kaisar Jepang yang ke-125.

Akihito merupakan putra pertama Kaisar Hirohito dengan permaisuri Shoda Michiko. Kaisar ke - 125 ini lahir pada 23 Desember 1933.
Untuk Jepang ,tanggal lahir Sri Baginda Kaisar merupakan hari nasional yang diperingati dan dirayakan oleh masyarakat Jepang . Walaupun Sri Baginda Akihito dilahirkan pada 23 Desember ,tetapi oleh Konsul Jenderal Jepang yang ada di Medan ,peringatan hari lahir itu dipercepat dan diadakan pada 4 Desember 2018.

Demikanlah pada ,Selasa ,4 Desember 2018 ,pukul 19.30-21.30 WIB ,bertempat di Hotel Aston Medan diselenggarakan lah acara Peringatan Ulang Tahun Kaisar Akhito yang ke-85. Konsul Jenderal Jepang untuk Medan ,Takeshi Ishii beserta istri menyambut hangat setiap tamu di pintu masuk The Mahogany Grand Ball Room hotel berbintang 5 itu.

dokpri
dokpri
Terlihat hadir Walikota Medan T Dzulmi Eldin ,Bupati Serdang Bedagai Ir Sukirman .Hadir juga perwakilan negara sahabat yang berada di Medan.Penulis juga mendapat kehormatan diundang pada acara itu.Sesudah Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kantor Gubsu ,Ir Ibnu Sri Utomo ,yang mewakili Gubsu tiba di lokasi , dimulailah acara resmi yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Jepang Kimigayo.

Kemudian Konjend Jepang ,Takeshi Ishii menyampaikan sambutan yang mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang telah hadir pada acara itu. Dalam bahagian sambutannya ,Takeshi menyampaikan rasa prihatin bangsanya untuk beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia .
Konjend Jepang itu juga ,menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan bangsa Indonesia yang telah memberi bantuan dan perhatian yang besar ketika terjadi tsunami dan bencana alam di Jepang beberapa tahun yang lalu.

Takeshi juga mengungkapkan hubungan diplomatik Indonesia - Jepang telah berusia 60 tahun dan selama ini telah banyak dijalin kerjasama diantara kedua negara. Salah satu bentuk kerjasama itu ialah diberinya kesempatan untuk sejumlan orang dari Sumatera Utara untuk mengikuti pendidikan di berbagai perguruan tinggi di Jepang.Alumni pendidikan tinggi itu membentuk organisasi yang disebut PERSADA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN