Mohon tunggu...
Afifuddin lubis
Afifuddin lubis Mohon Tunggu...

Selalulah belajar dari siapapun

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Pilihan

Menduga Hasil Pertemuan Gerindra-PKS tentang Wagub DKI dan Kaitannya dengan Pilpres

5 November 2018   05:24 Diperbarui: 5 November 2018   13:26 441 4 2 Mohon Tunggu...

Seperti yang diberitakan sebelumnya, hari ini Senin, 5 November 2018, DPD Gerindra DKI mengundang DPW PKS DKI Jakarta untuk hadir di kantor DPD Gerindra DKI Jakarta, Jalan Letjend Suprapto Jakarta Pusat.

Ketua Fraksi PKS pada DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi telah memastikan jajarannya akan datang memenuhi undangan Gerindra itu. Diberitakan juga pertemuan tersebut hanya membahas agenda tunggal terkait penetapan nama Wagub DKI.

Sesuai ketentuan perundangan yang berlaku karena pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilkada DKI 2017 diusung oleh Gerindra-PKS maka untuk mengisi kekosongan jabatan Wagub ini juga harus melalui pengusulan kedua partai ini.

Melalui media kita bisa membaca betapa sengitnya pertarungan kedua partai ini untuk memunculkan masing masing kadernya menduduki jabatan yang prestisius itu. Sampai sekarang ini kedua parpol kelihatannya masih tetap bersikukuh agar kadernya lah yang akan diajukan mengisi jabatan yang ditinggalkan Sandiaga Uno itu.

Berkaitan dengan hal tersebut, PKS DKI bahkan mengeluarkan ancaman kalau tidak kader PKS yang disepakati maka mesin politik PKS akan dimatikan menjelang Pilpres 2019.

Beragam argumentasi juga telah dikemukakan partai yang pernah dipimpin oleh Anies Matta ini. Walaupun berbagai alasan telah diungkapkan namun kelihatannya Gerindra masih tetap menginginkan kadernya lah yang dipilih menjadi pendamping Anies Baswedan.

Seperti diketahui DPD Gerindra DKI telah menyetujui bahwa kader yang akan mereka usulkan adalah M. Taufik yang sekarang juga adalah Wakil Ketua DPRD DKI.

Di sisi lain PKS telah menetapkan dua orang kadernya yaitu Akhmad Syaikhu dan Agung Yulianto sebagai cawagub DKI.
Berkaitan dengan cawagub ini, Prabowo Subianto Ketua Umum DPP Partai Gerindra telah menyerahkan sepenuhnya urusan cawagub ini kepada DPD Gerindra DKI.

Sejalan dengan pertemuan hari ini maka tidak salah jugalah kalau menduga duga hasil rapat tersebut. Di atas kertas ada 3 kemungkinan hasil kesepakatan hari ini:

1) Gerindra menyetujui cawagub yang akan diusulkan dua dua nya dari PKS

2) Gerindra mengusulkan agar M. Taufik dan salah satu dari dua kader PKS diusulkan bersama sama dan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN