Mohon tunggu...
Mararti Mararti
Mararti Mararti Mohon Tunggu... Perempuan

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Anak-anak Muda yang Melupakan Jajanan Tradisional Kue Unthuk Yuyu

4 Mei 2021   10:51 Diperbarui: 4 Mei 2021   10:52 49 4 0 Mohon Tunggu...

Zaman yang semakin maju dengan membawa perkembangan teknologi yang kian pesat menyebabkan perubahan gaya hidup pada  masyarakata khususnya anak - anak muda. Perubahan gaya hidup ini dapat dilihat dari berbagai aspek seperti makanan, hobi, olahraga, kesenian dan lain sebagainya. Tentu saja perubahan ini membawa dampak positif dan dampak negatif pada masyarakat khususnya anak - anak muda. 

Dampak positif dari kemajuan teknologi adalah mempermudah kehidupan menjadi serba instan dan gampang contoh saja adanya ojek online yang  melekat pada masyarakat saat ini seolah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari gaya hidup masyarakat yang serba mudah, cepat dan instan, dampak positif lain adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi pekerjaan, mempermudah akses jarak jauh, meningkatkan keamanan dan masih banyak lagi. 

Akan tetapi dampak negatif yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi juga sangat banyak seperti terkikisnya nilai -nilai budaya lokal, kurangnya minat anak - anak muda untuk belajar bahasa daerah, lunturnya kearifan lokal, tenggelamnya berbagai jajanan tradisional yang tergantikan oleh berbagai macam makanan modern yang serba cepat, mudah dan instan.

Khusunya dalam bidang makanan banyak sekali anak muda zaman sekarang yang tidak mengenal jajanan tradisioan kue unthuk yuyu atau kue unthuk cacing. Kue unthuk yuyu adalah kue trasisional yang termasuk kategori kue kering  dan terbuat dari bahan dasar tepung ketan. Kue ini disebut dengan kue unthuk yuyu karena bentuknya yang menyerupai gundukan galian tanah oleh yuyu (Jawa :Kepiting) kue ini  memiliki cita rasa yang gurih, renyah dan manis kue ini berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya. Eksistensi dari kue ini kian memudar tergantikan oleh berbagai jajanan modern yang dianggap lebih kekinian seperti waffels, pancakes,muffin, cookies, cupcakes dan lain sebagainya.

Sangat disayangkan sekali anak - anak muda  tidak mengenal jajanan tradisional yang satu ini pedahal apabila ditinjau dari segi  asalnya. Kue ini berasal dari Jawa Tengah yang mana hal itu menandakan bahwa kue unthuk yuyu adalah  sebuah jajanan tradisional yang berasal dari Indonesia  yang mana seharusnya anak - anak muda mampu untuk  menaikan eksistensinya hingga keluar negri, bukan malah melupakannya.

VIDEO PILIHAN