Mohon tunggu...
Manuel DavidHartanto
Manuel DavidHartanto Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Apakah Kita Perlu Memikirkan Bakat Kita untuk Masa Depan?

8 November 2022   22:26 Diperbarui: 8 November 2022   22:54 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Memikirkan bakat untuk masa depan sangatlah penting loh! Karena bakat itu sangat penting untuk masa depan misalnya untuk pekerjaan yang membutuhkan keahlian atau prestasi-prestasi. Oleh karena itu kita perlu mencari tahu apa bakat kita.

Mari kita sama-sama melihat pengertian dari bakat, bakat adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dimana kemampuan tersebut sudah melekat dalam dirinya dan dapat digunakan untuk melakukan hal-hal tertentu dengan lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan orang biasa.

Kalian pasti bingung bagaimana cara mencari tahu bakat kalian?

Caranya mudah kok, kalian bisa mulai dari mengembangkan apa yang menjadi minat atau hobi kalian. Contohnya kalian bisa mulai mengikuti berbagai lomba dari kriteria yang kalian gemari. Selain itu kalian bisa mengikuti tes bakat untuk menemukan bakat kalian.

Dalam kehidupan ini ada banyak jenis hobi dan hal-hal yang disukai orang banyak, seperti melukis, olahraga, bernyanyi, menari, teknologi dan lain-lain. Semuanya itu dipengaruhi oleh faktor lingkungan dimana kita berada. 

Contohnya saya yang memiliki hobi menggambar dan menulis, hobi tersebut muncul dari faktor lingkungan, dimana teman-teman saya banyak yang gemar menggambar, dari keingintahuan itu saya mulai mencoba, belajar dan mendalaminya. Sehingga ketertarikan itu semakin kuat dan mulai menjadi salah satu hobi saya. Oleh karena itu saya akan terus berusaha untuk  mengembangkan hobi tersebut menjadi bakat saya.

Ditema bakat ini peran orang tua juga tidak kalah penting loh, karena orang tua sudah ada bersama kita sejak kecil, sehingga mereka tahu kelebihan dan kemampuan kita. Mulai lah  bertanya ke orang tua kalian apa yang menjadi bakat dasar kalian, mereka akan membantu memberikan motivasi dan  arahan. Setelah mengenali apa yang manjadi bakat kalian, jangan lupa untuk melatih dan mengasahnya sehingga bakat kita dapat menjadi keahlian.

Manfaat dari mengasah hobi ialah: mengetahui keterampilan diri kita sendiri, bisa membuat diri kita menjadi lebih disiplin, membuat kita termotivasi; apa yang sudah menjadi kerja keras kita dihargai  dan membuahkan hasil, membuat kita menjadi lebih gigih tidak mudah menyerah dan terus berusaha, dapat membuat kita bahagia karena kita dapat melakukan apa yang menjadi kesenangan kita dan masih banyak lainnya.

Nah sekarang pastinya kalian dapat lebih mudah mengenali apa yang menjadi bakat kalian. Jangan pantang menyerah walaupun kalian masih belum menemukan bakat yang kalian miliki, terus berusaha mengembangkan bakat kalian sehingga menjadi prestasi yang bisa membanggakan orang tua dan diri kita sendiri.

Kesimpulannya kita harus mengasah bakat dan hobi menjadi keahlian yang dapat berguna dimasa depan.

Sekian cerita singkat saya Manuel David Hartanto dari kelas 5C SD Candle Tree. Terima kasih!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun