Mohon tunggu...
Manuel Hamonangan
Manuel Hamonangan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka menonton film, dan yang paling saya suka adalah film-film MCU. Lalu saya juga suka bermain games, terutama game-game yang bergenre FPS.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Refleksi Geladi Hominisasi

5 Oktober 2022   18:44 Diperbarui: 5 Oktober 2022   18:48 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

     Saya senang mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi, mulai dari tugas pra geladi hingga kegiatan geladi selesai. Selama proses tersebut, saya melakukan banyak hal. Mulai dari tugas pra geladi, saya mendengarkan kembali Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" 3 stanza, lalu memilih bagian yang menarik dari lagu tersebut. Lalu saya juga menonton sebuah video yang berjudul  #NusantaraKaya, Semua, Kita Punya, yang menjelaskan bahwa Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya pangan yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan, tetapi kebanyakan masyarakat Indonesia masih lebih banyak mengandalkan sumber-sumber dari luar negeri.

     Lalu saat mengikuti acara Hominisasi melewati zoom meeting, saya juga banyak mendapatkan hal-hal baru dan pengalaman baru. Pada awal acara, sempat dijelaskan mengenai acara hominisasi itu sendiri, lalu terdapat sesi game juga yang asik dan juga informatif. Lalu setelah sesi game, masuk ke sesi per kelompok, di mana dalam sesi tersebut kelompok harus berdinamika bersama, untuk mengerjakan tugas yaitu membuat presentasi mengenai tema tiap kelompok. Bentuk presentasinya pun bebas, boleh presentasi biasa, debat, podcast, dan lainnya. Kelompok saya memilih untuk presentasi biasa, lalu kami semua berdiskusi dan bertukar ide, terdapat juga beberapa kaka dari panitia yang mendampingi dan mengarahkan kami selama sesi kelompok. Saya banyak belajar dalam sesi ini, terutama belajar untuk berani berinteraksi dengan orang-orang baru yang belum saya kenal, lalu bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dalam berdiskusi dan bertukar ide. Lalu setelah sesi itu selesai, kami pun melakukan presentasi kelompok kami, walaupun kami tidak juara, tetapi saya tetap senang karena sudah bisa menikmati proses berdinamika bersama kelompok saya. Lalu acara pun ditutup dengan sesi foto bersama.

     Menurut saya, kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara sangat penting, kemampuan tersebut akan sangat membantu kita dalam menghadapi masalah-masalah yang akan datang. Lalu kemmampuan berbahasa dengan baik juga penting agar dapat berkomunikasi dengan baik saat berdinamika dengan orang lain. Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi ini adalah skill untuk dapat berkomunikasi dan berpikir dengan baik saat bekerja bersama orang lain. Kemampuan yang saya pelajari dan yang akan saya terapkan adalah skill berkomunikasi dan berpikir dengan baik, karena skill tersebut akan sangat dibutuhkan selama masa perkuliahan. Lalu untuk melatih skill tersebut saya harus mau membuka diri dan mau beradaptasi dengan lingkungan baru. Saya juga harus banyak melatih diri sendiri melalui kegiatan sehari-hari atau pelajaran-pelajaran yang saya dapatkan di kuliah.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun