Mohon tunggu...
M Anshari Akbar
M Anshari Akbar Mohon Tunggu... Freelancer - Penikmat Sepakbola

"Ketika orang-orang berhasil, hal tersebut dikarenakan kerja keras. Keberuntungan tidak memiliki andil apa pun dalam sebuah kesuksesan." (Diego Maradona)

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Update Transfer: Tidak Terdengar Kencang, 7 Pemain Ini Punya Klub Baru

8 Agustus 2021   12:00 Diperbarui: 8 Agustus 2021   12:02 115 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Update Transfer: Tidak Terdengar Kencang, 7 Pemain Ini Punya Klub Baru
Kaio Jorge, pemain baru Juventus. (via juvefc.com)

Pada saat ini sepakbola eropa sedang sibuk dengan beberapa agenda uji coba. Namun tidak semua tim menyelenggarakan uji coba, karena sebagian tim lainnya sedang melakukan kualifikasi kompetisi antar klub eropa, seperti Champions League, Europa League, dan Conference League.

Sembari melakukan agenda pertandingan melawan tim lain, sebuah tim akan melakukan evaluasi terhadap setiap hasil pertandingan. Hal ini menjadi penting untuk mengetahui kesiapan tim menjalani kompetisi yang panjang pada musim depan.

Setelah melakukan evaluasi untuk mengetahui kekurangan pada beberapa sektor permainan, biasanya manajemen tim akan berdiskusi dengan tim pelatih untuk menentukan pemain incaran yang dinilai tepat untuk sektor yang kurang tersebut.

Tentunya daftar incaran tidak terbatas pada satu atau dua pemain, akan banyak profil pemain yang akan dipantau dan dilihat kualitasnya. Karena biasanya akan sulit mendapatkan jasa seorang pemain incaran jika tidak mendapatkan kesepakatan dengan berbagai pihak.

Setelah menentukan incaran, yang paling penting adalah menyesuaikan pemain incaran dengan anggaran belanja yang tepat untuk satu atau dua pemain.

Proses ini tidak berhenti pada kesanggupan membayar pemain, kesepakatan nilai kontrak dengan pemain yang di dalamnya terdapat gaji atau bonus, kemudian durasi kontrak. Merupakan beberapa hal yang harus diurus oleh manajemen tim.

Jika kesepakatan personal sudah dicapai, sebuah tim yang ingin merekrut seorang pemain harus bisa berkomunikasi dengan klub pemilik sang pemain agar mau melepas dengan harga tertentu.

Kadang ada pemain yang sudah menyetujui klausul pelepasan dengan harga tertentu, sehingga klub peminat bisa langsung membayar sesuai dengan klausul pelepasan.

Namun yang menjadi alot adalah kontrak pemain yang tidak tertulis klausul pelepasan, sehingga pihak klub pemilik bisa saja menentukan harga yang tinggi.

Sebenarnya masih banyak lagi hal yang harus diurus oleh manajemen sebuah klub jika ingin merekrut pemain, seperti pajak sebuah negara, regulasi dari operator liga maupun federasi, sponsorship, dan masih ada banyak lagi hal yang diperhatikan untuk transfer seorang pemain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan