Mohon tunggu...
M Anshari Akbar
M Anshari Akbar Mohon Tunggu... Penulis Sepakbola

Ketika orang-orang berhasil, hal tersebut dikarenakan kerja keras. Keberuntungan tidak memberikan andil apa pun dalam sebuah kesuksesan (Diego Armando Maradona)

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Para Pemain Southampton yang Kalahkan "Pemilik" Piala FA

24 Januari 2021   22:00 Diperbarui: 24 Januari 2021   22:04 72 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Para Pemain Southampton yang Kalahkan "Pemilik" Piala FA
Kebahagiaan para pemain Southampton setelah menyingkirkan Arsenal di babak ke empat Piala FA. Foto: George Ramsay, CNN.com

Akhir pekan ini sepakbola Inggris kembali menggeliat yaitu melangsungkan pertandingan di babak ke empat Piala FA. Hajatan yang berbentuk turnamen ini merupakan ajang tertinggi kedua di sepakbola Inggris setelah Liga Premier Inggris. Jadi sudah barang tentu ajang Piala FA menjadi salah satu ajang yang serius bagi klub di Inggris.

Meski di babak final selalu mempertemukan tim dari Liga Premier Inggris, tidak jarang klub dari kasta kedua Liga Inggris yaitu Divisi Championship menjadi pesaing hingga babak semifinal. Namun yang tidak bisa dilupakan adalah Piala FA seperti sudah menjadi "milik" dari Arsenal, karena The Gunners menjadi pemegang rekor terbanyak juara Piala FA. Beberapa media pun sempat mengklaim bahwa setiap musim kompetisi, target Arsenal adalah menjadi kampiun Piala FA, bukan Liga Premier Inggris.

Pada akhir pekan ini salah satu laga yang bergulir adalah pertandingan antara Southampton melawan "pemilik" dari Piala FA yaitu Arsenal. Laga yang digelar di markas Southampton, St. Mary's Stadium, ini patut ditunggu karena secara statistik di Liga Premier Inggris, musim ini Southampton lebih baik dibandingkan dengan Arsenal. Dan terbukti, Arsenal yang selalu tampil apik di Piala FA harus terhenti langkahnya di babak ke empat ini setelah kalah 0-1 dari tuan rumah Southampton. Gol tunggal pada laga tersebut tercipta berkat gol bunuh diri yang dilakukan oleh pemain bertahan Arsenal, Gabriel Magalhaes.

Hal ini cukup memberikan tekanan yang sangat kencang kepada Mikel Arteta sebagai manajer dari Arsenal, karena dengan terhenti di Piala FA dan terseok-seok di Liga Premier Inggris, membuat sang manajer semakin dekat dengan pintu keluar dari Emirates Stadium. Bagi Southampton, kemenangan kali ini memberikan mereka kekuatan mental untuk lebih baik karena mampu mengandaskan perlawanan sang "pemilik" Piala FA. Dari data statistik yang dihimpun dari laman WhoScored.com, ada beberapa pemain Southampton yang menjadi bintang pada laga ini, diantaranya.

1. Jan Bednarek

Jan Bednarek. Foto: southamptonfc.com
Jan Bednarek. Foto: southamptonfc.com

Pemain 24 tahun yang berposisi sebagai bek tengah ini berpasangan dengan Jack Stephens pada laga ini. Penampilan apik kedua bek tengah ini mampu meredam serangan yang dibangun oleh para penyerang dari Arsenal. Kemapuan Bednarek dalam menghalau serangan lawan sangat berguna pada laga ini. Tercatat pemain timnas Polandia ini membukukan 2 kali tackles, 2 kali intersepsi, dan 8 kali clearances. Selain itu Bednarek juga melakukan 3 kali duel udara dan 2 kali cukup sukses. Rating untuk Jan Bednarek pada laga ini adalah 7,71 dan dinobatkan sebagai Man of the Match.

2. Danny Ings

Danny Ings. Foto: Richard Heathcote/NMC Pool on HampshireLive.News
Danny Ings. Foto: Richard Heathcote/NMC Pool on HampshireLive.News

Pemain 28 tahun yang berposisi sebagai striker ini dipasangkan dengan Che Adams pada laga ini dengan skema 2 striker. Mantan pemain Burnley dan Liverpool ini menggempur pertahanan Arsenal yang diisi oleh 3 bek tengah yaitu Gabriel Magalhaes, Cedric Soares, dan Rob Holding. Kemampuan Danny Ings dalam melakukan tendangan dari jarak jauh cukup merepotkan lini pertahanan lawan pada laga ini. Tercatat pada laga ini Danny Ings melepaskan 4 kali tembakan ke gawang, menyumbang 1 umpan kunci, dan sukses melakukan 2 kali dribble bola. Rating untuk Danny Ings pada laga ini adalah 7,31.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN