Mohon tunggu...
manmodel rumi
manmodel rumi Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Siapa yang Salah

26 September 2022   18:59 Diperbarui: 26 September 2022   19:04 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Siapa yang Salah

Oleh: Rumiati

Hari ini Senin, 26 September 2022 jam pelajaran ke 8 - 9 / jam 12.40 - 13.40 adalah jadwal saya mengajar di kelas binaan yaitu X Mipa 2. Ketika bel berbunyi untuk jam ke 8 dimulai, saya langsung keluar kantor guru menuju ke kelas X Mipa 2. Masih di perjalanan saya sudah diikuti beberapa murid binaanku. Mereka mengekor di belakangku sampai di depan kelas mereka. 

"Assalamalaikum..." ucap salamku ketika masuk ruangan tersebut.

"Waalaikum salam,...Bunda Rumi". sambut mereka bersamaan termasuk beberapa siswa yang berada di belakanku. 

Seperti biasa, sebelum kumulai belajar yang tidak jauh meleset dari uraian yang ada dalam RPP saya absen mereka satu persatu dengan menyebebut nama mereka. ini selalu saya lakukan untuk lebih mengenal mereka dan biar cepat hafal nama-nama mereka. Jujur saya akui...saya belum hafal dengan nama-nama mereka. mungkin baru separo dari jumlah mereka yang saya hafal. Setelah selesai mengabsen mereka, saya menyapa mereka dengan dilanjutkan menyampaikan materi hari ini adalah materi lanjutan dari pertemuan sebelumnya, yaitu tentang karya sastra dalam hal ini hikayat dan cerpen.

Namun belum selesai menjelaskan apa materi selajutnya yang dipelajari, Rifa sekretaris kelas mendatangi saya.

"Maaf Bu mengganggu". Kata Rifa. 

"Ya Rifa , ada apa Nak?" tanyaku. saya  berhenti menjelaskan materi yang akan dibahas hari ini. 

" Bu, saya kehilangan uang  Rp. 52.000". Katanya pelan. " Lo..kok bisa". tanya saya

"Nggak tahu Bu...tiba-tiba uang saya yang mau saya gunakan untuk membeli buku Sejara Indonesia tidak ada di dompet". Lanjutnya. "Ya sudah, kamu duduk di tempatmu ya, beri waktu Ibu waktu 25 menit untuk menjelaskan materi dulu ya...setelah itu kita bicarakan". kata saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun