Mohon tunggu...
Abdulrozak Asm
Abdulrozak Asm Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Saya Seorang Suami dan Ayah Beruntung.

Seorang Suami dan Ayah Beruntung. Catatan lain saya di sini www.catatanabdul.web.id

Selanjutnya

Tutup

Money

Usaha Potong Rambut yang Menjanjikan

6 Desember 2018   15:56 Diperbarui: 6 Desember 2018   16:22 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
nationalreview.com/

 Saya tinggal di suatu desa namanya desa Sungai Baru yang merupakan desa pemekaran dari desa Asam Asam yang terletak di Kabupaten Tanah Laut kalimantan Selatan. Ada pengalaman yang cukup menarik ditempat tinggal saya ini berkaitan dengan potong rambut.

Bagi saya, anak saya dan juga ponakan saya potong rambut merupakan hal yang rutin dilakukan dalam waktu satu sampai dua bulan sekali. Setiap kali saya mau potong rambut sedikit sekali pilihan hanya ada 6 tempat, padahal saat saya ingin potong rambut nunggu giliran di potong rambutnya bukanlah hal yang sebentar, bahkan terkadang bisa tidak sempat di potong karena keburu magrib dan tutup. 

Melihat kenyataan tersebut saya jadi berpikir betapa masih terbukanya usaha potong rambut ini untuk dijalani. Apalagi melihat kenyataan tempat potong rambut yang ada tidak semua memenuhi kriteria yang saya mau. Misalkan karena kasar banget saat menyisirnya, atau tidak boleh sama istri kerena yang nyukur kecentilan, atau saya tidak mau ketempat cukur tersebut karena bencong yang nyukur rambut centil banget. hiiiih amit - amit.

Masih banyak pangsa pasar usaha potong rambut di daerah saya, apalagi melihat penduduk saat ini semakin bertambah dengan adanya proyek pembangunan PLTU yang akan berjalan selama tidak kurang dari 4 tahun.

Paling tidak ada penambahan 4 ribu orang dan tidak mungkin rasanya tidak ada yang potong rambut selama 4 tahun.  Jika saat ini saja saya merasa selalu antri untuk potong rambut apalagi ditambah 4 ribu orang yang datang. 

Jika saja setiap orang 2 bulan sekali potong rambut, maka setiap 2 bulan akan ada 4 ribu orang potong rambut jika hanya dibagi oleh 6 tempat potong rambut, berarti setiap tempat harus memotong rambut sebanyak 22 orang perhari ditambah pelanggan yang sudah ada. Jika yang sudah ada katakan saja 10 orang berarti total akan ada 32 orang.

Mampuhkan memotong rambut 32 orang perhari?


Ini menjadi peluang tersendiri untuk usaha potong rambut. Bayangkan saja misalkan kita hanya kebagian 15 orang saja perhari dikali ongkos potong rambut biasanya 15 rb anak kecil dan 20 rb orang dewasa ( rata - rata 17 ribu saja) total perharinya adalah 255 rb. Jika dikalikan satu bulan berarti 7.65 Jt. Wawww luar biasa.

Belum lagi jika kita melebihkan layanan dengan kenyamanan dan kebersihan supaya daya saing meningkat penghasilan perbulanpun bisa lebih besar lagi. Bahkan dengan layanan yang lebih bagus biaya jasa potong rambutpun bisa lebih tinggi.

Perihal kelengkapan peralatan cukur yang mungkin tidak tersedia di Desa Sungaibaru dan sekitarnya bukanlah hambatan yang sulit untuk dipecahkan belisaja secara online atau dari teman di luar kota bahkan diluar negeri supaya mendapatkan peralatan dan perlengkapan yang bagus, suntuk urusan pengiriman serahkan saja sama JNE.

Beneran pokonya Usaha potong rambut di Sungai baru ini sangat menjanjikan. Hitungan tadi untuk 2 bulan sekali setiap orang potong rambut bagaimana jika 1 bulan sekali?  Silahkan dianalisis lebih lanjut. Sekian dulu semoga bermanfaat.

Selamat Potong rambut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun