Mohon tunggu...
Mang Pram
Mang Pram Mohon Tunggu... @gordonranger

Penikmat kopi di ruang sepi penuh buku || Humas || Fotografer || Film || Pengajar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Rekayasa Hujan, Jakarta Bisa Belajar dari Cilegon

3 Februari 2020   01:02 Diperbarui: 3 Februari 2020   03:54 79 0 0 Mohon Tunggu...

Cuaca panas terik pada siang hari dan hujan deras ketika tengah malam. Ini menjadi gambaran tentang kondisi cuaca Kota Cilegon, Banten di musim hujan saat ini.

Sejumlah mahasiswa dari Jakarta yang sedang magang di Kawasan Industri Krakatau Steel sempat terheran-heran dengan kondisi cuaca di Kota Cilegon yang terkesan teratur.

Biasanya hujan deras akan turun pada tengah malam hingga pagi. Namun ketika matahari beranjak naik, langit akan terang sepanjang hari.

Sampai kemudian seorang pekerja kontraktor yang sedang membangun gedung pabrik kimia bercerita, "itu semua karena pemilik proyek menggunakan pawang hujan."

Pawang hujan menjadi kunci di setiap proyek pembangunan. Sebagai kota kawasan industri, terdapat sejumlah proyek pembangunan yang sedang berjalan.

Hujan bisa menjadi hambatan saat melaksanakan pekerjaan. Maka hujan pun ditahan dan bisa turun pada malam hari ketika jam lembur proyek selesai.

Sudah jadi rahasia umum sebenarnya ketika jasa pawang hujan digunakan dalam proyek pembangunan. Jika hujan turun sepanjang hari, pekerjaan akan terganggu dan dapat nerugikan pihak pemilik proyek. Pekerjaan bisa molor dari target yang ditentukan. Ini akan merugikan pihak perusahaan.

Intinya adalah pihak perusahaan hanya mengamankan wilayah proyek, sehingga waktu pelaksanaan proyek tidak terganggu oleh hujan.

Kehebatan rekayasa hujan yang dilakukan di Cilegon sebaiknya bisa diadopsi oleh Jakarta.

Salah satu solusi atasi banjir, Jakarta sempat melakukan rekayasa hujan dengan menebarkan Natrium Klorida (NaCl) dengan menggunakan pesawat jenis CN 295 dan Casa 212-200. Fungsinya untuk menyemai awan di barat daya, barat, dan barat laut. Sehingga hujan turun sebelum sampai Jakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x