Mohon tunggu...
Mang Pram
Mang Pram Mohon Tunggu... @gordonranger

Penikmat kopi di ruang sepi penuh buku || Humas || Fotografer || Film

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Pak Anies, Air Hujan Tidak Bisa Masuk Tanah jika Pohon Terus Ditebang

20 Januari 2020   10:45 Diperbarui: 20 Januari 2020   10:50 203 1 1 Mohon Tunggu...

Pak Anies, Bagaimana Air Bisa Masuk Tanah Jika Pohon Terus Ditebang?

Jumlah pohon di Jakarta semakin berkurang. Kali ini 190 pohon di kawasan Monas harus ditebang. Sisi selatan kawasa monas pun kini terlihat gersang.

Kabarnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan revitalisasi kawasan Monas. Pohon-pohon hijau itu akan dibangun Plaza Parade.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya pernah mengungkapkan ingin melakukan revitalisasi kawasan Monas. Bahkan rancangan desain revitalisasi ini pun sempat digelar sayembara oleh Pak Anies.

Pak Anies, apa tidak ada desain lain yang bisa dilakukan tanpa adanya penebangan pohon? Kawasan monas adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bisa diandalkan di pusat Jakarta.

Penebangan pohon yang terus-terusan berbanding terbalik dengan konsep penanganan banjir kemarin.

Pak Anies sendiri yang menjabarkan, banjir bisa ditangani dengan memasukan ke dalam tanah. Ya, meski pun banjir tetap saja terjadi.

Menebang pohon dan membangun dengan beton juga sama saja menghalangi air hujan masuk ke dalam tanah. Artinya tanah resapan air semakin berkurang. Pak Anies pasti lebih tahu teorinya.

Belum lagi kondisi polusi dan cuaca yang semakin panas di Jakarta. Keberadaan pohon memiliki fungsi untuk menyejukan. Pohon yang sudah ada saja tidak cukup mengontrol suhu panas, penebangan pohon hanya akan membuat semakin parah saja.

Pak Anies, apakah fasilitas ruang publik  yang akan dibangun sudah menjadi kebutuhan mendesak?

Saya mencoba memahami rencana program pembangunan yang dapat memberi ruang berekspresi. Ruang publik yang disebut plaza rencananya bisa digunakan untuk upacara, parade, bahkan pementasan seni. Air mancur dengan teknoligi tinggi juga akan menjadi hiburan pada malam hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN