Mohon tunggu...
Roni Ramlan
Roni Ramlan Mohon Tunggu... Freelancer, Guru - Pembelajar bahasa kehidupan

Pemilik nama pena Dewar alhafiz ini adalah perantau di tanah orang. Silakan nikmati pula coretannya di https://dewaralhafiz.blogspot.com dan https://artikula.id/dewar/enam-hal-yang-tidak-harus-diumbar-di-media-sosial/.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Resep Hidup Sehat ala Nabi Muhammad SAW

9 November 2022   14:28 Diperbarui: 9 November 2022   14:43 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Foto: Ustadzah Lina sedang menyampaikan amanat)

Senin (31/10/2022) SDIT Baitul Qur'an Tulungagung kembali memulai rutinitas KBM dengan menghelat upacara bendera di halaman sekolah. Adapun yang menjadi protokol upacara bendera adalah kolaborasi antara siswa-siswi kelas 5 dan 6.

Ustadzah Lina Mar'atus Sholih--yang merupakan salah satu guru Tahfidzul Qur'an--tampil sebagai penyampai amanat pada upacara bendera di penghujung bulan Oktober tahun ini. Ustadzah Lina (sapaan akrab) menyampaikan amanat dengan tajuk Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW.

Menurut beliau, dari sekian banyak resep hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW terdapat tiga resep utama dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai umatnya. Ketiga resep utama hidup sehat ala nabi Muhammad SAW tersebut, yakni bangun lebih awal (sebelum subuh), makan tidak berlebihan dan tidak iri dan dengki.

Pertama, bangun tidur lebih awal (sebelum Subuh)

Rasulullah SAW senantiasa bangun tidur sebelum subuh. Lantas mengambil wudhu, mendirikan salat dan mujahadah kepada Allah SWT. Kebiasaan bangun tidur lebih awal yang dipraktekkan oleh Rasulullah SAW tersebut pada kenyataannya memiliki banyak manfaat. 

Pertanyaan mendasarnya, apa saja manfaat yang akan dituai manakala kita bangun tidur lebih awal?

Terdapat 12 manfaat yang akan kita tuai manakala bangun tidur lebih awal. Kelima belas manfaat tersebut berkorelasi dengan rutinitas, kesehatan tubuh dan mental serta capai-capaian yang memengaruhi kualitas sekaligus aktualisasi diri kita masing-masing.

1. Lebih siap menyongsong aktivitas 

Orang yang bangun tidur lebih awal pada dasarnya memiliki banyak waktu mempersiapkan segala sesuatu untuk menyongsong aktivitas yang akan dijalaninya. Sehingga rutinitas sehari-hari yang akan datang dapat dikerjakan secara optimal dan lebih terencana.

2. Menjadikan orang lebih sukses 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun