Mohon tunggu...
Ahmad Saukani
Ahmad Saukani Mohon Tunggu... Administrasi - pensiun bukan lantas berhenti bekerja

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ngedetoks, Cukup dengan Jalan Kaki Saja

13 Januari 2019   16:22 Diperbarui: 13 Januari 2019   16:38 418
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
komunitas jalan sehat Palmerah/dok pri

Pada akhirnya saya harus mencoba aplikasi Kompasiana Mobile. Ini lantaran terpaksa disebabkan komputer kesayangan saya rusak. Saat ini komputer saya sedang dalam masa perbaikan. Kalau bisa diperbaiki kenapa dibiarkan rusak, mestinya kan begitu.

Menulis di komputer tentunya lebih nyaman ketimbang menulis di ponsel. Sebab menulis di ponsel biasanya lebih banyak salah ketik alias typo ketimbang ngetik di komputer, kendati hanya beberapa kata saja. Itu yang saya alami.

Saat ini saya akan mencoba kirim tulisan di Kompasiana melalui ponsel. Cuma saja apa kiranya yang akan saya kabarkan atau ceritakan masih gelap.

Pagi tadi saya ikut olahraga jalan sehat.  Acara biasa rutin duamingguan yang diselenggarakan oleh komunitas jalan sehat di dekat kediaman saya. Jadi catatan ringan inilah yang akan saya coba kirim via Kompasiana mobile, sebagai percobaan.

Lanjut. Yang tidak biasa, ikutnya saya hari ini boleh dibilang dalam keadaan kurang sehat. Kepala pening-pening ditambah rasa pegal di punggung yang saya rasakan  sejak tiga hari kemarin. Jadi bolehlah ikut sertanya saya hari ini dibilang dipaksakan.

Tidak terasa sambil ngobrol cuma sekitar empat puluh menit kami sudah kembali ke titik star.

Ada yang saya rasakan olahraga jalan kali ini tidak seperti biasanya. Keringat saya rasakan lebih banyak keluar. Tapi badan terasa lebih ringan dan senut-senut di kepala agak berkurang. Ditambah minum teh panas semakin badan terasa bugar.

Mungkin aktivitas saya pagi ini termasuk yang orang bilang proses  detoksifikasi tubuh.

Pakar kesehatan dan penggiat olahraga yang saya tahu pernah menyebutkan, olahraga rutin jalan kaki minimal 30 menit itu manfaatnya antara lain bisa membuang racun yang bersarang di tubuh. Itu yang disebut proses detoksifikasi alias mengeluarkan racun yang bersarang dalam tubuh.

Racun yang bersarang dalam tubuh biasanya menurut kata pakar lagi adalah disebabkan pola makan yang salah. Menyebabkan tubuh terasa lelah, lemah, sakit kepala dan banyak lagi.

Berolahraga ringan sekedar jalan kaki, itu begitu banyak manfaatnya untuk kebugaran tubuh. Cuma aktivitas tersebut seringkali terhambat oleh kita sendiri. Malas itu hambatan yang paling kuat saya rasakan. Karena mungkin kurang kuat niat dan kemauannya. Untuk hal yang bermanfaat seperti itu, amatlah penting membangun niat dan kemauan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun