Mohon tunggu...
manfaatinfo.com
manfaatinfo.com Mohon Tunggu... Kumpulan Artikel manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal

Kumpulan Artikel manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Ini Dia Manfaat Daun Binahong untuk Diabetes hingga Penyembuhan Luka

26 Juni 2019   12:33 Diperbarui: 26 Juni 2019   12:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

Nama tanaman binahong mungkin masih agak asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Padahal banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mulai dari mempercepat penyembuhan luka sampai dengan penyakit diabetes. Tanaman binahong ini sering dijumpai di pekarangan rumah dan penjual tanaman.

Merupakan tanaman merambat yang sangat mudah untuk dipelihara terutama pada lingkungan yang dingin. Untuk memanfaatkannya bisa dengan cara mengonsumsi air rebusan daun binahong atau dengan cara menumbuk dan mengoleskannya pada bagian yang bermasalah. Selain daun binahong, bawang putih juga memiliki manfaat yang sama untuk diabetes. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

  • Melancarkan Haid

Bagi Anda yang mengalami masalah haid yang tidak lancar bisa diatasi dengan daun binahong. Caranya dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara teratur terutama satu minggu sebelum masa haid tiba. Dengan demikian, diharapkan siklus akan menjadi lancar sehingga rasa nyeri yang dirasakan saat haid datang terlambat bisa dihindari.

  • Kembalikan Stamina yang Hilang

Banyak sekali manfaat dari daun binahong yang bisa dirasakan. Salah satunya adalah bisa mengembalikan stamina yang hilang. Kandungan catechin, yaitu jenis antioksidan yang terdapat pada daun binahong mampu mengurangi efek peradangan pada otot setelah beraktivitas.

Oleh karena itu konsumsi daun binahong secara teratur sangat cocok bagi Anda yang sering melakukan aktivitas berat. Misalnya saja olahragawan, lembur atau pekerja keras. Bahkan khasiat daun binahong yang bisa melancarkan peredaran darah dipercaya bisa meningkatkan vitalitas pria.

  • Mengobati Sesak Napas

Saat mengalami sesak napas tentu sangat menyiksa dan berbahaya bagi manusia. Banyak sekali masalah yang menyebabkan terjadinya sesak napas. Dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong dipercaya mampu membersihkan saluran pernapasan. Mulai dari membersihkan lendir yang ada pada paru-paru sampai dengan membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan.

  • Percepat Proses Penyembuhan Luka

Daun binahong memiliki kandungan antiseptik yaitu minyak atsiri dan sm rkbt yang bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, kandungan anti inflamasinya mampu mengurangi memar atau bengkak. Cara menggunakan daun binahong sebagai obat luka luar adalah dengan cara menumbuk daunnya yang masih segar hingga halus lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang luka.

  • Mengendalikan Kadar Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Sebagian besar obat diabetes hanya berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah agar tidak terjadi komplikasi yang serius. Pada daun binahong terdapat senyawa alkaloid yang memiliki sifat hipoglikemik bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dengan maksimal. Dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara teratur bisa membuat kadar gula darah akan tetap stabil.

  • Obat Jerawat

Jerawat yang muncul pada wajah bisa membuat Anda jadi terganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa gunakan daun binahong segara yang ditumbuk halus dan balurkan pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan wajah dan bilas sampai bersih.

  • Mengatasi Flek dan Komedo

Selain jerawat, kandungan kolagen pada daun binahong juga mampu mengatasi masalah flek hitam dan komedo serta mencerahkan wajah. Prosesnya sama seperti pada jerawat, gunakan masker binahong selama 30 menit kemudian bilas wajah sampai bersih.

Ada banyak sekali manfaat daun binahong, dari diabetes sampai penyembuhan luka. Semua bisa diatasi dengan memanfaatkan daun binahong yang memiliki ciri khas daunnya yang berbentuk love. Konsumsi secara teratur dan biasakan pola hidup sehat mampu mengurangi rasa sakit yang Anda derita.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x