Mohon tunggu...
Manajemen BencanaUnhan
Manajemen BencanaUnhan Mohon Tunggu... Program Studi Manajemen Bencana Universitas Pertahanan cohort 10

Progam studi bagian dari Universitas Pertahanan Indonesia yang berfokus pada Manajemen Bencana dalam perspektif keamanan dan ketahanan nasional.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengabdian kepada Masyarakat, Mahasiswa Manajemen Bencana Unhan Ajarkan Bela Negara hingga Simulasi Bencana

26 Februari 2020   14:18 Diperbarui: 26 Februari 2020   14:18 7 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengabdian kepada Masyarakat, Mahasiswa Manajemen Bencana Unhan Ajarkan Bela Negara hingga Simulasi Bencana
Dok. pribadi

Balikpapan --- Hari kedua program Kuliah Kerja dalam Negeri (KKDN) Fakultas Keamanan Nasional, Mahasiswa Manajemen Bencana Unhan laksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMKN 4 Balikpapan (25/2). Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan PKM dari Mahasiswa Manajemen Bencana yang akan dilaksanakan selama dua hari sampai dengan hari Rabu, 26 Februari 2020.

Kegiatan PKM di SMKN 4 Balikpapan merupakan hasil kolaborasi antara Mahasiswa Manajemen Bencana Universitas Pertahanan, dengan Mahasiswa dari Institut Teknologi (ITK) Balikpapan . Selain melibatkan 30 Mahasiswa Unhan, juga melibatkan 30 Mahasiswa dari ITK beserta dua dosen pendamping.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan apel persiapan dan dalam hal ini pihak sekolah diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Ibu St. Musyarofah, S.Pd. Kegiatan PKM melibatkan seluruh siswa kelas 10 yang terdiri dari 12 kelas. Materi yang diajarkan kepada siswa berkaitan dengan Pengetahuan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, dan Juga Kebencanaan. Tidak hanya itu, siswa juga diajarkan bagaimana simulasi ketika terjadi bencana, khususnya bencana gempa bumi.

Simulasi bencana berjalan lancar dan kondusif. Seluruh siswa antusias dan dapat melaksanakan intruksi dengan baik. Simulasi ini juga disaksikan langsung oleh Dekan Fakultas Keamanan Nasional, Laksamana Muda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT. Setelah kegiatan ini, harapannya siswa dapat lebih memahami bagaimana implementasi Bela Negara, memiliki wawasan kebangsaan yang baik, dan dapat menjadi siswa yang tangguh bencana.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x