Mohon tunggu...
Siti mamuroh
Siti mamuroh Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UPGRIS Manfaatkan Kegiatan Sebagai Ladang Mencari Pahala

25 Februari 2021   15:30 Diperbarui: 25 Februari 2021   15:35 54 1 0 Mohon Tunggu...

Senin (15/02), Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. KKN Universitas PGRI Semarang melakukan kegiatan KKN yang dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan yaitu dari tanggal 26 Januari-26 Februari. Kegiatan ini dimanfaatkan oleh mahasiswa Siti Ma’muroh sebagai kegiatan untuk mencari pahala dengan membuka donasi untuk Panti Asuhan dan Pondok Pesantren.

Dalam kondisi Covid-19 ini, Universitas PGRI Semarang mengusung Tema "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Duta Perubahan Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Masa Adaptasi Baru", dengan mematuhi segala protocol kesehatan 3M (Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dalam setiap kegiatannya. Kegiatan ini dimanfaatkan oleh Siti Ma'muroh mahasiswa UPGRIS sebagai upaya membatu pemerintah dalam mengurangi penyebaran covid-19. Kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan warga masker, memberikan vitamin, dan memberikan handwash pada tempat umum seperti mushola yang ada di sekitar Cluster Dinar Indah, Meteseh, Tembalang.

Selain itu mahasiswa yang akrab dipanggil Mamu ini memanfaatkan kegiatan KKN sebagai bentuk upaya mencari pahala dari kegiatan KKN yang sedang dilakukan degan membuka donasi kepada warga sekitar untuk kemudian diberikan kepada pihak "Pondok Pesantren Darul Qur'an Al-Ma'mun" yang beralamat di perumahan Dinar Asri, Meteseh, Tembalang, Semarang.

Kegiatan ini tentu disambut baik oleh warga Dinar Indah dilihat dari antusiasme banyaknya donasi yang terkumpul. Pembukaan donasi ini disebar luaskan melalui Group Whattaps warga yang sudah dibentuk dan melalui story media sosial lainnya seperti Instagram dan Story WA.

Donasi yang ditawarkan ini bisa berupa uang tunai, atau berupa makanan yang akan disalurkan pada hari H, alhasil sejumlah uang tunai dan makanan terkumpul. Kemudian Donasi diberikan berupa makanan sepenuhnya untuk anak-anak Pesantren Al-Ma'mun.

Selain bentuk dari mengikuti kegiatan KKN, Mamu merasa senang karena dapat berkontribusi kepada masyarakat sekitar, selain itu Mamu merasa mendapatkan hal yang bermanfaat sebagai bekal dikehidupan akhirat kelak.

VIDEO PILIHAN