Mohon tunggu...
MamikSriSupadmi
MamikSriSupadmi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

KaderPosbindu. Pokja dan BinaLingkungan diDesa.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jerawat? Tak Dirindukan, Tiba-tiba Datang Meradang

23 Oktober 2021   19:00 Diperbarui: 23 Oktober 2021   19:04 73 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kulit muka yang punya jerawat selalu diidentikkan dengan kulit muka jenis berminyak. Sewaktu masih usia belasan, istilah candaan juragan minyak juga sering melekat bagi kami kami yang mudah sekali berjerawat. Miss "acne" begitu nama manisnya untuk bling bling tak mulusnya kulit. 

Kebetulan kulit muka saya jenisnya berminyak, jadi kami dulu antar teman yang senasib jenis kulitnya (termasuk jenis kulit sensitif yang juga gampang berjerawat) menjadi peduli kesehatan kulit sejak dini.  

Apalagi usia belasan , ketika wajah mulus jadi dambaan , eh tau tau kok yang nongol dimuka bintik bintik tidak cantik yang lama kelamaan kemerahan. 

Auto panik dan pengennya mencoba semua tips dari majalah dan menggunakan obat jerawat seperti yang banyak tersebar di iklan. Mau dioles apa diminum, hayuk aja agar jerawat mungil dan usil pergi.

Dari curhatan antar sesama kulit bermasalah ini, berikut sebab "serba serbi" jerawat datang meradang beserta tips perawatan yang bisa diterapkan.

1. Makanan berkuah santan

Mengkonsumsi sayur berkuah santan pekat dan kental dalam jeda waktu yang kontinyu misalnya sayur pindang keluwak, sambel goreng krecek, opor dan lain sebagainya.  

Tips mengkonsumsinya tentu saja selain dalam jumlah sedikit adalah tidak terus menerus memakannya. Semakin dihangatkan memang semakin lezat, tetapi tidak baik untuk kesehatan. Sayuran hijau kuah bening, lalapan lebih sehat untuk nutrisi kulit juga.

2. Jangan banyak makanan pedas

Sambal dengan ikan goreng dan nasi hangat serta lalapan memang lezat sekali. Tetapi ingat jangan terlalu pedas alias kebanyakan cabe di adonan sambal uleknya. 

Makan bakso kuah dan mie ayam memang tambah mantap dengan sambal cabe yang diguyurkan ke kuah. Nah, kalau hampir setiap hari kuah berlemak dan cabai masuk ke perut, lama kelamaan lambung menjadi gampang nyeri. Kulit juga sensitif kemerahan dan merangsang pertumbuhan si baby jerawat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan