Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Apoteker - Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Begini KIPI Vaksin Booster yang Saya Rasakan

3 Februari 2022   11:00 Diperbarui: 5 Februari 2022   20:45 2254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi vaksinasi booster. (Foto : pixabay.com)

Secara umum, harus diakui bahwa di sekitar kita masih banyak orang yang ragu atau takut untuk vaksinasi. Salah satu alasannya adalah takut dengan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Biasanya kita sebut dengan istilah "efek samping".

KIPI adalah gejala medis yang dapat terjadi setelah vaksinasi/imunisasi yang diduga terkait dengan vaksinasi/imunisasi yang diberikan (Baca : disini). 

Dengan demikian, KIPI ini sifatnya personal, tergantung kondisi masing-masing orang, dan bisa jadi tidak sama. Bahkan bisa juga setelah vaksin tak terjadi apa-apa atau tanpa KIPI. Ini terjadi pada vaksin dosis pertama anak saya.

Baca juga : Vaksin Covid-19 untuk Anak, Aman-aman Saja!

KIPI bisa bersifat ringan dan bersifat berat. Karenanya, sebelum vaksin sebaiknya kita dalam kondisi tubuh yang sehat dan sesuai persyaratan yang diwajibkan. Begitu juga saya skrining dan wawancara, berikan jawaban yang jujur dan sebenarnya.

Vaksin Covid-19 Booster dan KIPI

Hari Sabtu lalu (29/1) saya mengikuti vaksinasi covid-19 yang ketiga atau booster. Syukur semua lancar meskipun ada drama-drama.

Baca juga : Vaksinasi Booster yang Penuh Drama

Vaksin yang saya dapat adalah AstraZeneca Covid-19. Saya memang tidak memilih jenis vaksin. Apa yang tersedia di puskesmas saja.

Berhubung saya vaksin dosis pertama dan kedua adalah Sinovac, maka tak ada masalah jika untuk booster adalah AstraZeneca setengah dosis (0.25 ml). (Lagipula gratis ya, tak perlu juga pilih-pilih hehehe).

Sebelum saya vaksin, sempat ada obrolan mengenai KIPI vaksin booster di grup perpesanan teman kuliah. Beberapa teman mendapat vaksin booster dari Pfizer dan ada juga Moderna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun