Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Apoteker - Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Lima Hal yang Bisa Membuat Tamu Hotel Enggan Balik

12 November 2021   13:53 Diperbarui: 12 November 2021   15:49 205 27 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Resepsionis hotel (Foto: pixabay.com)

Saat menentukan pilihan hotel untuk staycation keluarga, bisnis, ataupun keperluan lain tentunya seseorang sudah mempertimbangkan ini dan itu. Salah satunya dengan memperhatikan ulasan, instagram resmi hotel, website, atau jika ada adalah rekomendasi teman.

Sayangnya, seringkali hotel tidak seperti harapan. Hal yang sangat wajar karena ada faktor subyektif. Ada hal yang menurut seseorang adalah minor, jadi bisa diabaikan. Namun, tak jarang sesuatu ini bersifat major dan fatal.

Berikut adalah pendapat saya pribadi yang mungkin bisa menjadi masukan untuk pelaku usaha hotel. Hal ini penting karena jika tak diperhatikan, sangat mungkin untuk membuat seseorang enggan kembali ke hotel. Boleh dikatakan membuat kapok dan cukup sekali.

1. Aturan dan proses check-in atau check out
Suatu waktu saya menginap di hotel dengan klaim bintang tertentu. Hal yang biasa kita datang lebih cepat dari waktu check-in, meskipun kadang diijinkan untuk early check in.

Nah, hotel ini menentukan waktu check-in jam 15.00 sore. Kami datang jam 12.00 siang untuk check-in dengan harapan nanti jam 14.30 kami kembali kamar sudah siap.

Ternyata jam 14.30 pun masih harus antri check-in lagi tanpa kejelasan kamar. Dalam hati bertanya, untuk apa input data kalau begitu? Sementara lobi hotel sudah seperti pasar.

Saya melihat ada semacam krisis manajemen untuk masalah check-in. Meskipun resepsionis ada tiga, tapi tak ada pengaruhnya. Manager hotel atau supervisor juga tak tampak menyapa tamu. Bahkan welcome drink pun tak ada.

Nah, yang seperti ini memberi kesan awal tak baik untuk tamu hotel. Proses check-in haruslah diperhatikan. Belajar dari situ, saya merasa kapok. Mau hotel bintang lima dengan view bagus tapi kalau seperti itu sungguh malas.

2. Kebersihan
Kebersihan menjadi poin utama bagi tamu. Lha untuk apa menginap di hotel kalau jorok? Apalagi di masa pandemi covid-19, kebersihan adalah isu besar bagi tamu hotel.

Bagaimana dengan CHSE? Hmmm.. mungkin saya lagi sial. Di masa pandemi ini menginap di hotel berbintang yang telah tersertifikasi CHSE. Begitu diantar oleh bellboy, taraaaa.... kamar masih berantakan. Anak saya gagal bahagia! Padahal sudah antusias mau bobo di hotel.

Lalu kami harus menunggu kamar lain untuk siap. Proses pembersihan kamar memakan waktu lama. Saya berpikir betapa kacaunya manajemen hotel ini. Bisa-bisanya memberi kunci kamar yang belum bersih. Lagi-lagi nama besar hotel bukan jaminan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan