Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Apoteker - Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Jangan Salah, Menstruasi Bukan Awal Pubertas pada Anak Perempuan

15 Agustus 2021   06:00 Diperbarui: 16 Agustus 2021   01:32 394
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menstruasi bukan awal pubertas pada anak perempuan (Foto: pixabay.com/cuncon)

Suatu siang sepulang sekolah, anak perempuan saya mengeluhkan sesuatu. Dia mengatakan dadanya sakit dan tidak enak saat berlari. Waktu itu berumur 8 tahun. Namun, sakit ini timbul-tenggelam.

Akhirnya suatu hari dia mengatakan, "Mama, ini kenapa ya? ". Dia  menunjukkan buah dadanya yang tidak lagi datar. Saya pun panik karena bentuknya seperti benjolan.

Akan tetapi, saya juga curiga jika itu adalah tanda pertumbuhan payudara pada anak perempuan. Tapi apa iya? Masa sih? Saya ragu karena dia masih berusia 8 tahun. Rasanya juga gimana gitu, sepertinya baru kemarin lahir Hehehe

Lalu saya langsung dong berselancar mencari jawabnya menggunakan mesin peramban di internet. Saya cukup kaget. Duh, sepertinya iya? Tapi saya juga denial, kok cepat ya? Atau malah jangan-jangan tumor?

Daripada dilanda kecemasan, saya langsung ajak ke dokter malam harinya. Bagi saya, daripada mengira-ngira lebih baik tanya ke dokter. Jangan sampai juga telat deteksi jika ternyata ada hal membahayakan. Dengan berkonsultasi dengan dokter, saya menjadi lebih tenang.

Tanda Pubertas pada Anak Perempuan

Saat berkonsultasi dengan dokter anak (saya pilih dokter yang perempuan tentunya), dokter mengatakan "Iya, ini awal pertumbuhan payudara. Bukan tumor kok, " Saya jadi tenang. Setelah konsultasi tersebut, saya pun langsung membeli miniset bra untuknya.

Menurut dokter, anak saya tidak mengalami pubertas dini. Hanya saja memang termasuk cepat. Untuk diketahui, masa pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi pada usia 8 sampai 12 tahun.

Dilansir dari idai.or.id, tahapan pubertas pada anak perempuan dimulai dari pertumbuhan payudara (breast budding), pertumbuhan rambut pubis atau kemaluan, dan diakhiri dengan menstruasi. 

Jadi, menstruasi menunjukkan bahwa pubertas sudah mendekati akhir atau merupakan tahapan akhir pubertas pada perempuan.

Hal inilah yang sering menjadi salah kaprah di antara orangtua bahwa menstruasi adalah tanda awal pubertas pada anak. Seringkali sesama orangtua bertanya, "Sudah mens belum anaknya?" Padahal tanda awal pubertas justru ketika terjadi pertumbuhan payudara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun