Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kunjungan ke Panti Asuhan Secara Virtual, Berbeda tapi Tetap Bermakna

20 Mei 2021   06:00 Diperbarui: 20 Mei 2021   06:04 137 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kunjungan ke Panti Asuhan Secara Virtual, Berbeda tapi Tetap Bermakna
Kunjungan kasih virtual ke panti asuhan (Foto : dokpri)

Dibalik pandemi global Covid-19 yang panjang dan mengacak-acak hidup, ternyata ada hal baik yang bisa kita rasakan. Salah satunya adalah kunjungan virtual ke panti asuhan yang berlokasi jauh dari tempat tinggal.

Jika biasanya kunjungan kasih ke panti asuhan dilakukan secara langsung ke panti asuhan terdekat dengan tempat tinggal, kini bisa menjangkau ke daerah yang lebih jauh. Bahkan di luar pulau! Bagaimana itu bisa terjadi? Ya, karena kunjungan kasih ini dilakukan secara virtual dengan teknologi. 

Bagi saya pribadi, ini merupakan pengalaman kunjungan pertama kali secara virtual tanpa tatap muka langsung ke panti asuhan. Sebuah pengalaman yang berbeda tapi tetap bermakna.

Kunjungan ke panti asuhan ini merupakan salah satu acara dari rangkaian kursus yang saya ikuti dari gereja. Semua sudah diatur oleh panitia, saya sebagai peserta saja. Kunjungan dilakukan pada hari Minggu, 9 Mei 2021.

Panti asuhan yang kita kunjungi adalah panti asuhan Pelayanan Kasih. Panti ini berlokasi di Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Saya sendiri belum pernah menginjakkan kaki di Ruteng. Bersyukur lewat kunjungan ini bisa " jalan-jalan ke Ruteng". Siapa tahu suatu saat bisa jalan-jalan kesana beneran ya? Hehe

Sebuah berkat di masa pandemi ini ketika kunjungan bisa dilakukan berkat teknologi secara virtual via zoom. Tak terbayang jika kunjungan fisik tentu tidak akan mungkin bersama-sama sampai ke Ruteng. Dari segi biaya dan waktu sangat tidak efektif. Lagi-lagi ada alasan untuk tetap bersyukur dengan kondisi sekarang ini ya?

Panti Asuhan "Pelayanan Kasih"

Pada dasarnya rangkaian acara kunjungan kasih secara virtual hampir sama dengan kunjungan secara fisik. Setelah saling mengenalkan diri antara kedua belah pihak, kemudian kita saling berbagi informasi dan pengalaman.

Dari pihak panti, kunjungan disambut langsung oleh ibu Lina Pajong yang merupakan pimpinan panti asuhan. Dari beliau ini, kami mendapat cerita dan pengalaman iman yang luar biasa.

Tangkap layar dari zoom meeting. Kiri : Ibu Lina Pajong dan anak-anak PA Pelayanan Kasih. Kanan : Peserta dan panitia kunjungan. (Foto : dok. istimewa)
Tangkap layar dari zoom meeting. Kiri : Ibu Lina Pajong dan anak-anak PA Pelayanan Kasih. Kanan : Peserta dan panitia kunjungan. (Foto : dok. istimewa)
Tatkala mendengar paparan dari ibu Lina, saya ikut merasakan betapa kebaikan dan pemeliharaan Tuhan dalam hidup kita sangat nyata. Ibu Lina menceritakan bagaimana awal mula panti ini berdiri.

Panti ini memang bukan panti besar dengan manajemen yang sudah tertata baik layaknya di kota-kota. Akan tetapi, justru disitulah saya melihat sebuah perjuangan iman yang luar biasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN