Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Apoteker - Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menanti Ikon Baru Kabupaten Bekasi

28 Agustus 2019   08:00 Diperbarui: 28 Agustus 2019   08:31 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tugu Simpang SGC Cikarang (foto : jabarnews.com)

Cukup lama tinggal di Cikarang yang notabene ibukota kabupaten Bekasi,  jujur ketika ditanya apa ikon kota Cikarang saya tak bisa menjawab. Rasanya tidak ada ikon yang mewakili kabupaten Bekasi.

Yang saya tahu, ada tugu di simpangan Sentra Grosir Cikarang (SGC). Namun, tugu yang berukuran tidak terlalu besar tersebut sepertinya tidak menjadi kebanggaan warga Cikarang. Malah terkesan "kebanting" dengan tingginya bangunan SGC.

Selain itu, tugu ini juga terabaikan karena disini kemacetan dan kesemrawutan lalu-lintas sangat luar biasa. Bahkan karena letak tugu yang tidak persis ditengah menjadi penyebab kacaunya lalu lintas.

Tahun 2014, stadion Wibawa Mukti selesai dibangun dan dibuka. Stadion yang megah dan bagus ini menjadi kebanggaan kabupaten Bekasi. Lumayan, begitu kata saya dalam hati. Tapi masa iya, stadion jadi ikon kota? Agak kurang tepat saja menurut saya.

Nah, sewaktu saya dolan sore di taman Sehati yang terletak di depan stadion (Baca : Suatu Sore di Taman Sehati), saya menemukan monumen bendo (golok) jawara Bekasi yang dinamakan Swatantra Wibawa Mukti. Dalam hati, saya bertanya apakah ini ikon kabupaten Bekasi?

Golok Jawara di depan stadion Wibawa Mukti (foto : Pikiran Rakyat)
Golok Jawara di depan stadion Wibawa Mukti (foto : Pikiran Rakyat)
Waktu itu saya sudah ingin menuliskan tentang golok jawara Bekasi disini, namun tak jadi saya unggah. Selain minim data, monumen golok jawara ini kurang menarik.

Meskipun golok jawara ini berukuran besar (7 meter), namun kurang tinggi dan eye-catching. Bahkan tertutupi dengan banyaknya pedagang kaki lima di sekitar monumen. Menurut pengamatan saya, tak ada yang ngeh dengan senjata khas pejuang dan rakyat Bekasi ini.

Baru-baru ini saya mengikuti instagram Eka Supria Atmaja, bupati kabupaten Bekasi. Tak lebih tujuan saya adalah ingin mengetahui update terbaru kabupaten Bekasi. Toh, kita perlu tahu kinerja pemimpin kita. Bagi saya penting supaya jika beliau mencalonkan lagi, kita punya gambaran akan memilih lagi atau tidak.

Nah, dari instagram beliau, saya mendapat berita baik. Tugu di simpangan SGC akan dirobohkan dan dibangun ikon baru kabupaten Bekasi sebagai pusat kota. Kawasan SGC ini selain akan ditata menjadi ikon kabupaten Bekasi, juga menjadi KTL (Kawasan Tertib Lalu Lintas).

Sepertinya pemerintah daerah kabupaten Bekasi yang sekarang bergerak cepat untuk memperbaiki diri. Sebenarnya juga mengejar karena sudah jauh tertinggal dibanding dengan kabupaten Karawang disebelahnya yang sudah lebih dulu cantik kotanya.

Mari kita tunggu seperti apa ikon kabupaten Bekasi yang akan dibangun. Tebakan saya sih berupa bendo (golok) Bekasi. Tapi mungkin juga bisa ikon lain yang lebih modern dan kekinian. Hmmm.. kita tunggu saja!

(RR)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun