Mohon tunggu...
Malvin Thomas Valerian
Malvin Thomas Valerian Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hallo nama saya Malvin Thomas Valerian, biasanya dipanggil Malvin. Saya berasal dari Bandung. Saya lulusan SMA Trinitas, sekarang saya menjadi maba di UNPAR. Saya kuliah mengambil jurusan administrasi bisnis. Hobi saya adalah bermain game, jalan-jalan, dan nongkrong bersama teman-teman saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

5 Oktober 2022   22:37 Diperbarui: 5 Oktober 2022   22:40 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi merupakan geladi atau acara yang diwajibkan untuk para mahasiswa oleh MKU bahasa Indonesia, logika, dan PKN. Sebelum acara geladi Hominisasi tersebut dimulai dengan tugas pra geladi yang diberikan pada saat sebelum hari-H acara tersebut dimulai. Tugas pra geladi tersebut untuk persiapan materi kita nanti pada saat acara dan untuk mendapatkan akses link zoom. 

Tugas ke-1 tersebut berisi tentang menyimak Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" 3 stanza dan tugas ke-2 berisi tentang memilih satu dari 10 pilihan film dokumenter singkat. Setelah saya mengerjakan tugas pra geladi hominisasi, saya mendapatkan link zoom yang akan diadakan pada tanggal 2 Oktober 2022. 

Pada saat acara geladi hominisasi dimulai, panitia-panitia acara tersebut mengenalkan dirinya masing-masing. Di dalam acara geladi hominisasi, kita diberikan materi, quiz, tanya jawab, dan presentasi kelompok. 

Kami disuruh untuk melakukan presentasi dengan anggota kelompok yang dipilih oleh panitia-panitia acara tersebut dari sebelum hari-h dimulai. Proses materi-materi yang disampaikan oleh panitia acara sangat berguna untuk kami para peserta agar menjadi lebih baik.

Dalam acara geladi hominisasi kami mendapatkan berbagai macam pengalaman yang dapat kita terapkan kedepannya. Pengalaman tersebut berupa cara melakukan presentasi yang baik dan benar.

Presentasi yang baik dan benar adalah opencam dengan posisi setengah badan dan muka, pada saat melakukan presentasi kita tidak boleh terlihat seperti membaca materi tersebut namun kita harus memahami materi tersebut dan menyampaikan materi tersebut yang sudah dipahami dengan jelas, pada presentasi tersebut juga kita harus memiliki punch linenya, dan kita harus fokus dalam presentasi tidak boleh sibuk sendiri atau melakukan kegiatan-kegiatan lain. 

Pengalaman saya bukan hanya tentang cara melakukan presentasi yang baik dan benar, namun ada pengalaman yang menarik juga yaitu kelompok presentasi yang anggotanya sudah dipilih sendiri oleh panitia. 

Pada saat itu saya dan anggota kelompok lainnya harus melakukan diskusi untuk materi yang akan dipresentasikan sedangkan saya dan anggota kelompok tidak saling mengenal walaupun ada teman saya yang menjadi satu kelompok dengan saya, kita harus saling bekerjasama satu sama lain dan melakukan presentasi dengan baik dan benar.

Materi-materi yang disampaikan bukan hanya tentang hal tersebut saja namun kita juga diajarkan untuk berkemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara. 

Kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara sangatlah penting, kita diajarkan menggunakan logika untuk mengetahui baik atau buruknya sesuatu hal. Kita bukan hanya sekedar menggunakan logika tersebut namun kita harus menerapkan logika dan memilih hal yang baik atau buruknya.

Lalu dalam penggunaan bahasa, kita harus menggunakan bahasa yang baik dalam hal berbicara maupun mengetik. Karena saya tinggal di Indonesia, saya harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga kemampuan logika sayapun digunakan dalam cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun