Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpusnas

Belajar Menulis Kepustakawanan dan Perpustakaan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pengguna Internet 2023 Mencapai Status Super Mayoritas

31 Desember 2022   22:28 Diperbarui: 15 Januari 2023   08:41 2458
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Data Refortal

Sepanjang tahun 2022 berbagai kegiatan dan aktivitas banyak dilakukan secara online  sehingga penggunaan internet merupakan kebutuhan yang sangat penting terutama untuk kegiatan kerja, belajar, kuliah dan kehidupan sosial lainnya.

Riset terbaru dari ITU dan GSMA Intelligence menunjukkan bahwa lebih dari dua pertiga populasi dunia akan menggunakan internet pada akhir tahun 2023. ini berarti bahwa dua kali lebih banyak orang akan beraktivitas secara  online daripada offline, sehingga pengguna internet mencapai status "Super Mayoritas". Namun demikian disebutkan bahwa secara berkelanjutan menunjukkan bahwa pertumbuhan pengguna internet akan terus melambat di tahun-tahun mendatang. Data terbaru menunjukkan pengguna internet secara global pertubuhannya hanya 3.5 % hingga oktober 2022.    

Data Reportal pada bulan Oktober 2022 mengeluarkan laporan tentang Overview of Internet Use. Catatannya sebagai berikut:

1. Total pengguna internet di seluruh dunia sebanyak 5.07 Miliar atau 63.5 % dari jumlah populasi di dunia 8 Miliar

2. Waktu yang dipakai dalam menggunakan internet dalam sehari 6 jam 37 menit

3. Prosentase akses internet melalui mobile phone sebanyak 92.1%

4. Pengguna media sosial sebanyak 4.74 Miliar atau 59.3 % dari jumlah populasi

5. 10 media sosial yang paling banyak digunakan: (1) Facebook 2,934 M. (2) Youtube 2.515 M. (3) Whattsapp 2 M. (4) Instagram 1.386 M. (5) Wechat 1.299 M. (6) Tiktok 1 M. (7) FB Messeger 975 Juta (8) Telegram 700 juta (9) Douyin 614 juta (10) Kuaisshou 587 juta

6. Media sosial berdasarkan waktu yang digunakan: (1) Youtube 23.4 Jam perbulan (2) Tiktok 22.9 jam perbulan (3) Facebook 19.7 jam perbulan (4) Whattsapp 17.3 jam perbulan (5) instagram 11.7 jam perbulan                                                                           

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun