Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan, Perpustakaan Nasional RI - Ketua Komisi Penerbitan Ikatan Pustakawan Indonesia

Pustakawan Perpustakaan Nasional suharyanto@perpusnas.go.id suharyanto_m@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Serba-serbi Merchandise Suatu Pertemuan

20 November 2022   22:45 Diperbarui: 20 November 2022   23:00 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa yang tidak akan senang bila dalam suatu acara atau perhelatan seperti  seminar, kongres, workahop atau acara lainnya seperti pernikahan dan lain sebagainya, dimana  setiap tamu atau peserta  yang hadir diberikan merchandise atau dikenal juga pernak-pernik.

Merchandise pada setiap acara  pada saat ini modelnya beraneka ragam seperti pulpen, tas, kaos/t-shirt, dompet, tumbler, payung, kartu tol, dan juga buku

Tahun 2022 ini saya mengikuti berbagai acara baik yang sifat nasional maupun internasional, baik sebagai tamu undangan, panitia, peserta maupun narasumber. Setiap kali acara tersebut saya  mendapatkan berbagai macam hadiah selain mendapatkan kartu nama tanda keikutan peserta.

Pernak-pernik yang saya dapat akan saya jadikan sebagai koleksi dan juga sebagai pengingat dari setiap kegiatan yang diikuti.

Kegiata-kegiatan itu seperti writingthon festival, kongres Ikatan Pustalawan Indonesia. Kongres ke-33 Penerbitan Sedunia, Pameran buku Indonesia Internasional,.workshop di UT dan di Undip, dan juga CDNLAO. Terakahir saya mendapatkan Merchandise pada acara Reuni Akbar 1980-2000 SMANSA Depok yang diselenggarakan di Hotel Bumiwiyata Depok pada hari Sabtu, 19 November 2022.

Pernak-pernik dimanfaatkan juga sebagai media promosi dan pemasaran sektor publik dari suatu lembaga atau institusi maupun organisasi. Nama dan lambang organisasi  biasanya dituliskan pada merchendise tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun