Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan, Perpustakaan Nasional RI - Ketua Komisi Penerbitan Ikatan Pustakawan Indonesia

Pustakawan Perpustakaan Nasional suharyanto@perpusnas.go.id suharyanto_m@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Buku Refleksi 100 Tahun karya Penerbit-Percetakan Kanisius

11 November 2022   11:37 Diperbarui: 11 November 2022   12:54 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesetiaan Kreatif : Refleksi perjalanan 100 Tahun karya Kanisius Penerbit-Percetakan Kanisius. Perjalanan panjang 1 Abad Kanisius,  26 Januari 1922 - 26 Januari 2022. Data yang tersedia di OPAC Perpustakaan Nasional RI karya terbitan Kanisius berjumlah 6.434 Judul dengan rincian karya monograf sebanyak 6.184 judul, sumber elektronik 198 judul , Rekaman suara 29  judul,  terbitan berkala 12 judul, braille 8 judul, rekaman video 3 judul. 

 Kamis, 10 November 2022 kurang lebih pukul 13.00 wib di Gedung A Lantai 2 Perpustakaan Nasional RI, Jalan Salemba Raya No. 28 A, saya kedatangan tamu istimewa dari Tim Kanisisus Yogyakarta terdiri dari Ibu Margaretha Sulistyorini, Ibu Flora Maharani, dan Ibu Victima Paska.

Pertemuan ini memang sudah lama diagenda yaitu sejak tanggal 24 Oktober 2022 Bermula dari pesan chat dari Ibu Victima ke saya yang mengatakan "Slmt siang, Bapak Suharyanto. Perkenalkan, saya Victima, dr PT Kanisius. Saya mendapatkan nomor Bapak dari Rm. Mudji Sutrisno. Bapak, saya dan beberapa teman punya rencana untuk berkunjung ke Perpusnas. Kami ingin ngobrol-ngobrol terkait dengan kegiatan dan kebutuhan Perpustakaan saat ini beserta produk dan bbrp pengembangan kegiatan yg relevan dgn hal itu. Kami akan berkunjung rencana di hari Kamis, 10 November 2022. Apkh Bapak ada waktu u bisa menerima kunjungan kami ini? Mohon informasi, ya, Bapak, supaya kami bisa mengatur dengan beberapa agenda kami yg lain. Terima kasih. Kami tunggu info dari Bapak.

Dokpri
Dokpri

Komunikasi ini terus berlanjut sampai disepakati waktu pertemuannya, tempat dan agenda diskusinya. Saya didampingi oleh bu Ratna, sangat senang bertemu dengan Tim dari Kanisius dan obrolan kami dengan suasana santai dan dibumbui dengan tawaan ringan cerita berbagai hal masih seputaran dengan dunia perbukuaan. Saya dan bu Ratna menyampaikan beberapa hal terkait dengan aturan baru dalam layanan ISBN di Perpustakaan Nasional RI, Peraturan Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Layanan ISBN baik secara kebijakan maupun teknis pengurtusan ISBN. Dan Tim Kanisus juga memberikan beberapa pertanyaan dan tanggapan terkait pendaftaran permohonan ISBN yang pernah diajukan di Perpustakaan Nasional RI.

Sumber foto: Kanisius
Sumber foto: Kanisius

Di sela-sela obrolon Tim Kanisius juga menyampaikan dan memberikan  terbitan terbaru yaitu buku " Kesetiaan Kreatif : Refleksi perjalanan 100 Tahun karya Kanisius Penerbit-Percetakan Kanisius".  Buku ini sangat tebal (hampir 10000 halaman) dan bila dilihat dari daftar isinya buku ini meruapakan tonggak-tonggak perjalanan 100 tahun karya penerbit-percetakan. Buku ditulis oleh sekitar 25 penulis dengan Editor Prof. Dr. F. Budi Hardiman. (Semoga saya nanti bisa membaca buku ini secara utuh). Di dalam dafatr isi tertulis buku ini terdapat  dari infografik toko-tokoh yang berperan dalam 100 tahun penerbitan kanisius dan juga infografik perjalanan 100 tahun penerbit dan percetakan Kanisius.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun