Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan, Perpustakaan Nasional RI - Ketua Komisi Penerbitan Ikatan Pustakawan Indonesia

Pustakawan Perpustakaan Nasional suharyanto@perpusnas.go.id suharyanto_m@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Coffe Break KINOS dan ISBN di Radio Universitas Terbuka

15 Oktober 2022   06:02 Diperbarui: 15 Oktober 2022   06:06 276
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: Youtube UT Radio

                                                                                     

Coffee Break ISBN dan KINOS di Radio Universitas Terbuka. Rabu, 12 Oktober 2022, Saya kembali menjejakan kaki yang kesekian kalinya  di Universitas Terbuka,.Pondok Cabe, Pamulang Tanggerang Selatan. Kali ini untuk berbagi dan menebar pengetahuan, pastinya masih seputar dunia kepustakawan. Kali ini akan berbagi tentang Layanan ISBN dan promosi KINOS, melalui radio dan TV  UT dan disiarkan secara langaung di Channel Youtube UT.  Penyiar yang mewawancari saya, mbak Dita namanya, program acaranya Bernama Coffee Break with sosialisasi Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 dan KINOS Layanan ISBN. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Multi Media Universitas Terbuka dengan sebagai Kepala Pusatnya adalah Pak Jamaludin.  

 

Sumber foto: Pusat Multi Media UT
Sumber foto: Pusat Multi Media UT

                                                                                 

Podcast ini juga merupakan rangkaian dari Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XVI di Lembaga Administrasi Negara terkait dengan Proyek Perubahan dengan Inovasi KINOS (Katalog ISBN Online) dalam membangun peradaban bangsa. Dan sekaligus sebagai   sosialisasi Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Layanan Angka Standar Buku Internasional (International Standard Book Number).

Podcast berlamgsung selama satu jam dari jam 15.00 wib sampai dengan jam 16.00 wib. Dengan diselingi pemutaran 3 lagu. Dibagi menjadi 3 segmen.

Segmen pertama seputar obrolan tentang profil

Dalam segmen pertama mbak Dita menyampaikan, Suharyanto saat ini mengemban Amanah sebagai Kepala Pusat Bibliografi dan Pengelolaan Bahan Perpustakaan, Perpustakaan Nasional, biasa dipanggil Haryanto, dan nama penulis di media sosial Kompasiana : Suharyanto Mallawa. Selain penulis di Kompasiana Juga juga sebagai Ketua Komisi Penerbitan Indonesia. Ketua Manajemen Perubahan Tim Reformasi Birokrasi di Perpustakaan Nasional tahun (2021-2022). Pendidikan D2 Ilmu Perpustakaan di IPB (1992), S1 Perpustakaan di UNPAD (2000), S2 Perpustakaan di UGM (2007). Saat ini sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II di Lembaga Administrasi Negara. Pustakawan Prestasi Tingkat Nasional Peringkat Pertama Tahun 2012.

Awal karier

Awal karier bekerja di Perpustakaan Nasional dimulai pada tahun 1993 sebagai CPNS yang ditempatkan di Perpustakaan Daerah Timor Timur di Kota Dili, secara admistratif masa kerjanya dari tahun 1993-2000 namun desela-sela tahun tersebut yaitu tahu 1998-2000 dalam status sebagai mahasiswa tugas belajar S1 Perpustakaan di Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun