Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan, Perpustakaan Nasional RI - Ketua Komisi Penerbitan Ikatan Pustakawan Indonesia

Pustakawan Perpustakaan Nasional suharyanto@perpusnas.go.id suharyanto_m@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

LAN Selenggarakan Visitasi Kepemimpinan Nasional TK II 2022-XVI

13 September 2022   19:37 Diperbarui: 13 September 2022   21:14 316 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tahun 2022 Angkatan XVI memasuki agenda Visitasi Kepemimpinan Nasional. Agenda ini dilaksanakan pada tanggal 13-16 September 2022. Tempat Visitasi di dua provinsi, yaitu Sulawesi Selatan (Kota Makassar dan Kabupaten Maros) dan provinsi Lampung (Kota Bandar Lampung Kabupaten Lampung Selatan). VKN 2022 ini juga merupakan bagian dari implementasi agenda pembelajaran I, II, dan IIY yang telah dilaksanakan, terutama dengan materi marketing sektor publik dan kepemimpinan strategis

Visitasi Kepemimpinan Nasional merupakan bagian dari Agenda Aktualisasi Kepemimpinan membekali peserta dengan kemampuan mengaktualisasikan kapasitas kepemimpinan strategis berdasarkan tema penyelenggaraan PKN Tingkat II dengan mengidentifikasi keunggulan kompetitif (competitive advantages) serta memberikan rekomendasi peningkatannya. 

Dokumen PKN 2022-XVI
Dokumen PKN 2022-XVI

Mampu mengidentifikasi keunggulan kompetitif (competitive advantages) organisasi dalam negeri yang menjadi lokus visitasi dan memberikan rekomendasi peningkatan Konsep Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) membekali peserta dengan kemampuan mengaktualisasikan kapasitas kepemimpinan strategis berdasarkan tema penyelenggaraan PKN Tingkat II dengan mengidentifikasi keunggulan kompetitif (competitive advantages) serta memberikan rekomendasi peningkatannya.

Dalam VKN PKN Tingkat II Angkatan XVI telah ditetapkan tema sebagai acuan peserta dalam menyusun produk pembelajaran. Tema VKN adalah "Pengembangan Potensi Wilayah Untuk Peningkatan Pemerataan Ekonomi".

Tujuan Kegiatan VKN : Peserta diharapkan mampu: Menyusun policy brief sesuai tema VKN; Menyusun dokumentasi lesson learnt sesuai lokus VKN; Mengadopsi dan mengadaptasi lesson learnt dari lokus VKN dalam  bentuk laporan individu; dan Berbagi pengalaman hasil Visitasi Kepemimpinan Nasional. Tujuan Pembelajaran VKN: "Perumusan Rekomendasi Strategic Leadership Untuk Lokus  Sebagai Lesson Learnt VKN".

Outpu VKN adalah Laporan hasil Visitasi Kepemimpinan Nasional yang harus disusun peserta mencakup 2 (dua) produk, yaitu: Laporan Individu: dalam bentuk learning journal visitasi (maksimal 2 halaman), dikumpulkan setelah pelaksanaan VKN. Laporan Kelompok: dalam bentuk rekomendasi lesson learnt stra[1]tegic leadership peningkatan keunggulan kompetitif (competi[1]tive advantages) lokus vitasi (maksimal 5 halaman), dikumpulkan setelah pelaksanaan VKN.

Kegiatan VKN meliputi: pembekalan, kunjungan ke kantor walikota/bupati, kunjungan ke OPD terkait VKN, FGD dengan narsum, diskusi dan penyusunan laporan hasil VKN, diskusi kelas dan pembhatan laporan, social cultural visit observation.

Dokumen PKN 2022-XVI
Dokumen PKN 2022-XVI

Pendamping Visitasi Kepemimpinan Tahun 2022 Angkatan XVI adalah: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan