Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan, Perpustakaan Nasional RI - Ketua Komisi Penerbitan Ikatan Pustakawan Indonesia

Pustakawan Perpustakaan Nasional suharyanto@perpusnas.go.id suharyanto_m@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Covid-19 dalam Tajuk Kendali Online Perpusnas

4 Juli 2022   21:25 Diperbarui: 4 Juli 2022   21:40 80 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: Portal Web Tajuk Online Perpustakaan Nasional

Fondasi dasar dalam pengelolaan perpustakaan baik secara manual maupun terotomasi dan sekarang dikenal dengan perpustakaan digital terdiri dari empat bagian, yaitu pengembangan koleksi, pengolahan bahan perpustakaan, layanan perpustakaan, dan pelestarian bahan perpustakaan. 

Dari empat fondasi inilah peran perpustakaan dapat diperluas lagi disesuaikan dengan kebutuhan perpustakaan dan pemustakanya. Pengembanganya dapat berupa manajemen pengetahuan dan transfer pengetahuan. Semua rangkaian tersebut mempunyai perannya masing-masing, saling mendukung dan tidak dapat dipisahkan.

Dokpri
Dokpri

Tulisan ini tentangengolahan bahan perpustakaan, khususnya mengenai pengatalogan subjek yang berbasis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi. Pengatalogan subjek dibagi menjadi 2 bagian, yaitu penentuan tajuk subjek dan penentuan nomor klasifikasi, dalam hal ini Perpustakaan Nasional menggunakan tajuk subjek yang dikembangkan sendiri dengan nama tajuk kendali atau Tajuk online Perpustakaan Nasional.  Dan untuk klasifikasi bahan perpustakaan menggunakan Dewey Decimal Classification 23 (DDC 23).

Tajuk Kendali Perpusnas

Tajuk kendali Perpustakaan Nasional dapat diakses dan digunakan melalui alamat portal TAJUK ONLINE (perpusnas.go.id). Aplikasi ini dikembangkan oleh dua unit kerja yang ada di Perpustakaan Nasional, yaitu Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan Bersama Pusat Data dan Informasi. 

Aplikasi ini meruapakan bagian transformasi perpustakaan guna mewujudkan ekosistem digital nasional yang dicanangkan oleh Perpusnas sebagai Tagline 2022.

Halaman muka Tajuk kendali terdiri dari Beranda, Panduan, FAQ, Riwayat Pencarian, Pengunjung, dan Sarankan Tajuk. Penelusuran Tajuk kendali Perpustakaan Nasional dapat ditelusur dengan pendekatan Tajuk Nama Orang, Tajuk Nama Badan Korporasi, Tajuk Nama Pertemuan, Tajuk Judul Seragam, Tajuk Topik, Tajuk Nama Wilayah, Tajuk Seri, dan Semua Tajuk dan dapat mengunduh catatan tajuk dalam format MARC untuk digunakan dalam sistem perpustakaan setempat.

 Panduan penelusuran :

  1.   * Cari tajuk adalah pencarian tajuk dengan menggunakan hanya satu kriteria pencarian saja.
  2.   * Ketikkan kata kunci pencarian, misalnya : "Covid 19"
  3.   * Pilih ruas yang dicari, misalnya : "Tajuk Topik"
  4.   * Klik tombol "Lihat Hasil" atau tekan tombol Enter pada kata kunci
  5.   * Hasil pencarian adalah kata yang diawali dengan kata kunci yang dimasukkan atau dicari

Statistik penelusuran 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan