Mohon tunggu...
Malik Anwar
Malik Anwar Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada

Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia lainnya (HR. Ahmad)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Memahami Faedah dan Keutamaan Sholat Tahajjud

4 Agustus 2021   17:37 Diperbarui: 4 Agustus 2021   17:46 9 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Faedah dan Keutamaan Sholat Tahajjud
/kisahikmah.com

Selain ibadah wajib, seperti sholat, zakat, puasa di bulan ramadhan, dsb. Dalam ajaran agama Islam, terdapat ibadah tambahan selain ibadah wajib seperti yang disinggung diawal, yaitu ibadah sunnah. Sunnah ini merupakan ibadah tambahan yang bersumber dan diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. 

Banyak sekali sunnah yang Nabi Muhammad SAW ajarkan, mulai dari sunnah yang berkaitan dengan konteks Habluminallah (hubungan dengan Allah) hingga dengan konteks Habluminannas (hubungan antar manusia). Pada sesi tulisan kali ini, penulis akan mengupas lebih jauh tentang salah satu sunnah yang berkaitan dengan konteks Habluminallah (hubungan dengan Allah SWT), yaitu ibadah sholat tahajjud. 

Ibadah sholat tahajjud adalah ibadah yang tidak umumnya dilakukan, terutama mengenai waktu dilaksanakannya. Ibadah wajib dilakukan disela-sela rutinitas keseharian kita, sedangkan sholat tahajjud dilaksanakan pada waktu yang kebanyakan umat muslim sedang terlelap dalam tidurnya. 

Perlu diketahui sebelum status sholat tahajjud adalah sunnah, dahulu pada zaman nabi Muhammad sempat sewaktu-waktu sholat tahajjud dilekatkan dengan status sebagai sholat wajib. Tentu Allah SWT sebagai Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang, tentu tidak akan memberikan ganjaran bagi siapa yang melaksanakan sholat tahajjud dengan ganjaran biasa-biasa saja, melainkan Allah SWT akan memberikan faedah dan keutamaan bagi hambanya yang melaksanakan ibadah tersebut. 

Pertama, Allah SWT akan mempermudahkan karirnya ke status yang lebih tinggi. Tentu, rasanya hampir tidak ada orang yang tidak ingin mendapatkan karir yang lebih tinggi. Tapi, tidak semua orang bisa mempunyai kesempatan seperti itu. Dengan dorongan dari Sholat Tahajjud Allah SWT akan memberikan jalan bagi hamba yang melaksanakan sholat tahajjud tersebut. Kedua, menenangkan jiwanya. 

Dengan ditentramkannya jiwa oleh Allah SWT, tentu hamba tersebut akan mendapatkan ketenangan yang terpancar dari segala aktivitasnya baik berupa lisan maupun perbuatan. Ketiga, akan dipermudah dalam segala hal. Salah satu keutamaan yang dahsyat sekali memang, karena Allah SWT yang langsung turun tangan mengawasi dan memastikan bahwa segala aktivitas yang dilakukan hambanya berjalan dengan lancar dan mudah. 

Keempat, dilindungi oleh Allah dari orang-orang yang akan mengganggu, mencelakai ataupun merugikan baik materiil maupun non materiil bagi hamba yang melaksanakan ibadah tahajjud tersebut. 

Demikianlah, faedah dan keutamaan sholat tahajjud. Semoga kita selaku umat Rasalullah SAW bisa menjalankan ibadah sunnah tersebut bukan hanya baik, melainkan dapat menjalankan ibadah sholat tahajjud secara konsisten setiap harinya, Aamiin.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN