PEMERHATI BUDAYA
PEMERHATI BUDAYA

Wisata - Edukasi - Budaya -Komunitas - Parent - Profile

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Tari Kensari, Inspirasi Generasi Srikandi Budaya

3 Agustus 2018   23:09 Diperbarui: 4 Agustus 2018   00:21 466 0 0
Tari Kensari, Inspirasi Generasi Srikandi Budaya
Poto : Penari Ken Sari - Griya Kreasi Seni SAHABAT CERIA Pujon Kidul - Malang

Menari menjadi hoby yang yang tidak pernah membosankan bagi Niken Berlian Larasati. Untuk mengasah kecintaannya akan menari tersebut, Siswa yang masih duduk dibangku sekolah dasar ini, hampir disetiap waktu luangnya untuk belajar tari. Dari mempelajari berbagai teori dasar hingga jenis tarian tradisional.

Hal tersebut ia pelajari dari Ayah Ibunya yang seorang Seniman. Pun juga belajar dari aplikasi yang bisa didapat dari youtube.

Bentuk penyajiannya tari yang Niken ciptakan sangat sederhana namun atraktif. Gerakanya dibedakan menjadi beberapa macam, dengan kode senggakan kendang pada musik yang mengiringinya. Tari yang dikenal dengan Kensari ini diperagakan  berpasangan, bisa juga dengan kelompok, atau massal, polos kata Bocah yang masih duduk di bangku sekolah dasar tersebut sembari tersenyum lugu.

Memahami setiap bentuk penyajian dalam tarinya, mengisyaratkan seorang pejuang wanita yang lagi mempersiapkan diri dengan tenang.

Tidak kalah menariknya dalam Tari Kensari adalah irama musik iringanya. Selain unik, indah dan sederhana. Penggambaran nuansa semangat, tenang dan sesekali tegang beradu. Sehingga membuat mata dan telinga seperti disajikan sesuatu yang menawan.