Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang pengalaman saya dalam kegiatan pembelajaran yang saya tuliskan melalui Best Practice. Kali ini saya menggunakan metode STAR. Saya membutuhkan umpan balik dari para pembaca yang budiman uantuk memberikan masukan, saran untuk memperbaiki kegiatan pembelajaranan saya berikutnya.
Tujuan yang ingin dicapai
- Meningkatkan penguasaan konsep belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup
- Meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup melalui pemanfaatan media pembelajaran LMS Sinau
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :
- Kondisi geografis, lingkungan tempat tinggal siswa sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa.
- Kegiatan pembelajaran belum interaktif, pembelajaran masih terpusat pada guru. Dalam kegiatan pembelajaran, guru belum melakukan pendalaman materi dan mengembangkan materi yang berhubungan dengan kehidupan nyata (kontekstual). Materi masih disajikan berdasarkan pengetahuan mendasar.
- Pembelajaran kurang menarik karena metode, media pembelajaran yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan siswa.
- Kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran masih sangat terbatas. Padahal, siswa cenderung lebih suka berinteraksi dengan media pembelajaran berbasis teknologi.
Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena :
- Sebagaian guru memiliki permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya hadapi
- Praktik pembelajaran ini sangat memotivasi saya dalam menerapkan pembelajaran nyaman, aman, menyenangkan dan inovatif
- Praktik pembelajaran yang saya lakukan dapat menjadi referensi dan direplikasi pada pembelajaran lain
Penulis (guru) merasa memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan proses pembelajaran yang dikaitkan dengan permasalahan lingkungan sekitar dengan dikemas secara interaktif, efektif, inovatif, aman, nyaman dan menyenangkan. Penulis memilih model pembelajaran problem based learning dan penggunaan learning management system berbasis google site sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep belajar siswa sehingga motivasi belajar siswa dapat meningkat sesuai dengan tujuan pembelajarn yang akan dicapai.
Tantangan :Â