Mohon tunggu...
MAKRIPUDDIIN
MAKRIPUDDIIN Mohon Tunggu... Guru - Guru

Sebagai seorang guru jiwa selalu meronta untuk membantu siswaku meraih kesuksesan, tidak perduli lelah dan letih bagi saya mereka adalah teman sekaligus rasa bangga saya ketika melihat mereka berhasil meraih mimpinya. Bisa dibilang sudah menjadi bagian dari hobi selain membaca, menulis dan nonton film animasi. Berbagi cerita dengan siswa, mendengar kegundahan dan membantu mereka untuk berani melawan rasa takut mereka memiliki makna tersendiri.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Begini Kiat-kiat agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa

6 April 2023   20:17 Diperbarui: 6 April 2023   20:19 662
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Begini Kiat-kiat agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa"

Halo sahabat Kompasiana di manapun kamu berada, semoga puasanya lancar bagi yang menjalankan. Berbicara masalah puasa, dalam arti yang sederhana berarti tidak makan dan minum. Lalu untuk pengertian puasa ramadhan sendiri yaitu menahan diri dari makan dan minum serta segala hal yang membatalkan puasa, sejak subuh dikumandangkan sampai azan magrib terdengar.

Semua umat muslim pastinya tetap semangat dong menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, gak takut sakit atau semakin kurus? Ya, gak lah. Justeru dengan berpuasa malah membuat tubuh semakin sehat dan penyakit langganan menjadi hilang kok bisa? 

Lalu bagaimana cara kita menjaga tubuh agar tetap fit dan bugar selama menjalankan puasa. Ini rahasianya! 

Dengan berpuasa maka kita akan mengeluarkan racun dalam tubuh, wih... kren gak tuh, bagaimana penjelasan? Puasa di bulan Ramadhan bisa dikatakan merupakan cara gampang dan aman untuk berdetoks. Ketika berpuasa, usus secara alami akan membersihkan diri. Pada saat bersamaan, seluruh organ tubuh yang lainnya seperti lambung dan hati juga turut beristirahat.

Hati yang merupakan tempat untuk menyaring segala sesuatu yang kita konsumsi maupun kita hirup, termasuk yang diserap oleh kulit. Dengan berpuasa, tentu hati akan beristirahat untuk beberapa jam. Sementara lambung adalah tempat menumpuknya makanan yang tidak akan pernah menolak walau yang kita konsumsi adalah makanan yang tidak sehat.

Saat berbuka puasa dan sahur makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi agar metabolisme menjadi lancar? Begini kiat-kiatnya.

Bagi sahabat Kompasiana yang ingin memanfaatkan detoksifikasi secara maksimal maka momen puasalah waktunya, eit... jangan lupa ya untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang sehat selama menjalankan ibadah puasa. Karena makanan yang sehat seperti mengandung banyak air dan serat yang tinggi, tentunya hal ini akan dapat membantu melancarkan pembuangan racun dari usus. Tidak hanya itu, buah dan sayur terkandung di dalamnya banyak mineral, vitamin dan antioksidan yang sangat diperlukan oleh organ-organ tubuh kita. 

Berpuasa satu bulan penuh akan mengubah kebiasaan dan aktivitas kita sehari-hari, mulai dari pola makan, olahraga, pola tidur dan lain sebagainya. Hal tersebut akan berdampak terhadap kondisi tubuh kita secara tidak langsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun