Mohon tunggu...
MAKRIPUDDIIN
MAKRIPUDDIIN Mohon Tunggu... Guru - Guru

Sebagai seorang guru jiwa selalu meronta untuk membantu siswaku meraih kesuksesan, tidak perduli lelah dan letih bagi saya mereka adalah teman sekaligus rasa bangga saya ketika melihat mereka berhasil meraih mimpinya. Bisa dibilang sudah menjadi bagian dari hobi selain membaca, menulis dan nonton film animasi. Berbagi cerita dengan siswa, mendengar kegundahan dan membantu mereka untuk berani melawan rasa takut mereka memiliki makna tersendiri.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Imtaq dan Manfaatnya?

9 September 2022   07:15 Diperbarui: 9 September 2022   08:52 496 9 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program imtaq merupakan suatu kegiatan rutinitas yang diadakan oleh suatu lembaga, sedangkan imtaq ini sarat akan nilai yang baik untuk semua peserta yang mengikutinya karena berkaitan dengan sikap, pemahaman, perasaan, kepercayaan dan tingkah laku yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadist. 

Sedangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sering kita dengar dengan istilah IPTEK merupakan hasil perwujudan pemikiran dari manusia yang dapat dipergunakan untuk kemaslahatan umat. 

Kata bijak yang sering kita dengar dikutip dari "Syekh Abdul Qadir Al Jailani: 'Aku lebih menghargai orang yang beradab, daripada orang yang berilmu. Jika hanya berilmu, iblis pun lebih tinggi ilmunya daripada manusia”.

img20220902095002-631a160a08a8b5689164ce52.jpg
img20220902095002-631a160a08a8b5689164ce52.jpg
(Kepala SMAN 1 Kuripan Bapak Idris, MM.)

Menurut Bapak Idris, S. Pd., MM., selaku Kepala SMAN 1 kuripan (SMANSAKU), kegiatan imtaq harus rutin dilaksanakan setiap hari jumat untuk meberikan ilmu agama kepada semua peserta imtaq baik guru maupun murid beliau mempunyai harapan yang besar dari kegiatan imtaq ini untuk menjadikan insan kamil yang bertaqwa kepada Allah SWT.  

Beliau juga menjelaskan kegiatan imtaq tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh siswa-siswi yang beragama Islam saja namun juga oleh siswa-siswi yang beragama Hindu. Dengan waktu pelaksanaan yang sama tapi tempat yang berdampingan sebagai bentuk kerukunan umat beragama.

Apa sih manfaat dari kegiatan imtaq?

Sebelum kita lanjut membahas apa saja manfaat dilaksanakan kegiatan imtaq di SMAN 1 Kuripan terlebih dahulu disampaikan kegiatan apa saja yang menjadi rangkaian acaranya. 

Pembina imtaq Ibu Dra.  Mutmainnah dan Ibu Suherni, S. Pdi., sekaligus guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, menjelaskan acara imtaq biasa diisi dengan susunan acara sebagai berikut:

1. Pembukaan

2. Pembacaan Asmaul Husna

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan