Mohon tunggu...
Makil Weya
Makil Weya Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar

suka bermain futsal, suka mencatat dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Semua Orang Indonesia adalah Pendatang

14 Oktober 2022   22:33 Diperbarui: 14 Oktober 2022   22:42 2052
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"Semua orang Indonesia adalah migran (pendatang), tidak ada orang Indonesia asli. Tidak satupun orang Indonesia adalah penghuni asli sejak awal wilayah Nusantara ini ada," demikian kesimpulan Webinar yang diadakan oleh Kelas Pancasila 360 STT Reformed Indonesia (19/9). 

Kesimpulan tersebut didasarkan pada hasil penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Lembaga Biologi Molekular (LBM) Eijkman terhadap 110 kelompok etnis di 19 di pulau Indonesia.  

Siapa Pribumi Asli Indonesia? Penelitian Eijkman Menjawabnya

LBM Eijkman melakukan tes DNA mitokondria yang diturunkan melalui jalur maternal (ibu), lalu kromosom Y yang hanya diturunkan dari sisi paternal (ayah), serta DNA autosom yang diturunkan dari kedua orang tua kepada anak-anak mereka.

Cara untuk mengetahui asal usul manusia yang paling akurat adalah dengan tes DNA. Tes DNA mampu memberikan data ilmiah soal komposisi ras, penelusuran nenek moyang, dan juga lini masa kehadiran ras. Informasi yang didapat dari tes DNA akan membantu kita mengetahui siapa diri kita sebenarnya, dan dari mana asal usul kita sebagai orang Indonesia.

Tes DNA yang dilakukan oleh LBM Eijkman tersebut memperlihatkan bahwa di dalam tubuh setiap orang Indonesia mengalir berbagai macam genetika. Kesimpulan hasil uji tes DNA itu, membuktikan bahwa kemajemukan itu sudah ada dalam tubuh seorang individu Indonesia, tidak hanya dalam level masyarakat Indonesia

Siapa Pribumi Indonesia yang Sebenarnya? Ini Kata Ahli Genetik

Tidak ada yang dapat disebut sebagai pribumi  di Indonesia, karena berdasarkan genetikanya sendiri, ras di Indonesia sudah bercampur walaupun berasal dari pohon manusia modern yang sama, yaitu berasal dari Afrika, ujar Direktur Institute for advanced Studies in Economics and Business Turro Wongkaren Ph.D yang menjadi pembicara pertama pada Webinar tersebut.

Orang Indonesia itu datang dari mana-mana. Dari Afrika datang, Melanesia masuk, dari Australia Tenggara ada, dari Taiwan dan China juga ada. Yang bermigrasi ke Nusantara itu sangat banyak.

Jadi, asal usul orang Indonesia itu bermacam-macam. Terjadi evolusi lokal, ada juga pertemuan dua bentuk fisik yang menghasilkan pencampuran DNA.

Wilayah yang kini dinamai Indonesia sejak dahulu kala memang merupakan tempat persilangan, yang membuka peluang bagi orang-orang untuk saling berinteraksi. Lalu melalui berbagai perkawinan multidimensi sehingga menurunkan orang Indonesia sekarang ini," kata Turro Wongkaren yang adalah peneliti di Lembaga Demokrasi Fakultasi Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Turro Wongkaren Ph.D.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun