Mohon tunggu...
Makhvira Ferli Nurmalia
Makhvira Ferli Nurmalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - @makhviraferlinr_

Mahasiswa Anestesi yang mencoba menulis :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peranan Media Sosial sebagai Pembelajaran Modern di Masa Pandemi

20 Januari 2022   00:48 Diperbarui: 20 Januari 2022   01:05 63 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mewabahnya virus Covid-19 pada tahun 2019 yang menjangkit dibeberapa negara termasuk Indonesia. Ada yang mengatakan virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan China. Covid 19 adalah virus yang menular yang disebabkan oleh sistem pernafasan akut. Wabah virus ini sangat mengguncang masyarakat dunia, mengingat hampir 200 negara terjangkit oleh virus yang mematikan tersebut.di Indonesia sendiri virus ini mengakibatkan dampak yang cukup signifikan di berbagai sektor, seperti pariwisata, ekonomi, dan pastinya pendidikan.di Indonesia sendiri sistem prekonomian sangat turun drastis hingga masyarakat kehilangan pekerjaannya. Begitu pula dengan sistem pendidikan di Indonesia.Pemerintah sendiri mengeluarkan kebijakan tertentu mengingat dampak virus ini yang sangat berbahaya.

Sistem Pendidikan di Indonesia sendiri menyesuaikan dengan kondisi yang ada,dengan cara memberlakukan sistem kegiatan belajar mengajar menggunakan media sosial atau daring.seluruh sekolah mulai dari tingkat dasar hingga jenjang perguruan tinggi harus mengikuti pembelajaran melalui media komunikasi jarak jauh. Media sosial sendiri pun menjadi terobosan terbaru untuk melangsungkan pembelajaran.berbagai aplikasi digunakan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh tersebut. Pemanfaatan media sosial pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi tersebut memiliki peranan yang sangat penting dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.

Media sosial memberikan manfaat yang signifikan terutama bagi dunia pendidikan.contoh nya adalah Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Di era digital seperti sekarang Kampus ini adalah salah satu kampus yang memanfaatkan media sosial sebagai pembelajarannya.di saat seperti ini. Banyak media sosial yang sering kita jumpai seperti Instagram, Youtube, Zoom, Google Meet, Google Clasroom, WhatsApp hingga Tiktok.

Di Kampus Unisa tersebut dosen dan peserta didik sering berinteraksi menggunakan Zoom, WhatsApp  ataupun Google Meet. Adapun Website dan Aplikasi untuk menunjang pembelajaran pengumpulan tugas yaitu Lensa Unisa. Lensa Unisa sendiri didesain untuk memudahkan peserta didik dalam mengakses tugas dan mengumpulkan tugas dengan mudah.

Di Era perkembangan teknologi milenial seperti sekarang,media sosial akan menjadi sumber pengetahuan yang akan terus berkembang mengikuti zamannya. Perkembangan media sosial sendiri cukup membantu peran pendidikan  di Indonesia.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini,dimana semua media pembelajaran dilakukan secara online.sebenarnya media sosial akan membantu peserta didik dalam mengurangi rasa jenuh dan bosan dalam kegiatan pembelajaran daring karena di media sosial sendiri terdapat konten pembelajaran yang cukup menarik dan membantu peserta didik dalam menunjang pembelajaran setiap harinya sehingga akan menambah minat dalam pembelajaran tersebut.untuk kedepannya diharapkan media sosial dapat semakin membantu perkembangan pendidikan, menjadikan media atau tempat bagi peserta didik maupun tenaga pengajar untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar di masa pandemi ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan