Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Alasan Tiongkok Menjual Besar-besaran Surat Utang AS yang Dimilikinya

31 Maret 2023   21:09 Diperbarui: 2 April 2023   06:15 12746
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi via kompas.com

Berdasarkan data AS, Tiongkok telah mengurangi kepemilikan surat utang Departemen Keuangan AS (The US Treausry Bond/Obligation) sebesar 34,1% selama 10 tahun terakhir, termasuk penurunan sebesar 16,6% pada tahun 2022.

Kepemilikan Tiongkok atas surat utang AS tertinggi sepanjang masa mencapai 1,32 triliun dolar AS pada November 2013. Sejak 2014, Tiongkok secara bertahap mengurangi kepemilikan surat utang AS.  Pada 2022, kecepatan penjualan meningkat secara signifikan.

Saat ini, hanya tersisa 859,4 miliar surat utang AS yang dimiliki. Mengapa Tiongkok menjual suarat utang AS secara besar-besaran, dan apa artinya menjual surat utang AS?

Disini kita coba membicarakan masalah ini agar kita memahami arti dari masalah ini, izinkan disini memberi beberapa contoh yang mudah dipahami.

Misalkan saya memiliki rumah senilai Rp. 500.000 dan sebuah mobil senilai Rp. 100.000. Setelah dikurangi berbagai pengeluaran, saya dapat memiliki sisa Rp. 30.000 setiap tahun. Sekarang bunga deposito bank satu tahun adalah 1%. Jika saya meminta Anda untuk meminjamkan Anda Rp. 300.000, tingkat bunga 2%, maukah Anda meminjamkan saya? Saya kira Anda pasti akan meminjamnya dari saya, karena rumah + mobil saya bernilai Rp. 600.000, dan jika pinjaman melebihi Rp. 300.000, Anda tidak takut saya tidak akan dapat membayarnya kembali.

Namun, mari kita ambil contoh sebaliknya, dengan asumsi saya hanya memiliki mobil senilai Rp. 100.000, dan saldo tahunan adalah 0 setelah dikurangi biaya, sedang bunga deposito bank satu tahun adalah 1%, dan saya akan meminta Anda untuk meminjamkan Anda Rp. 300.000  dengan bunganya 2%, maukah Anda meminjamkan saya? Saya kira Anda pasti tidak akan meminjamkan saya. Karena saya mungkin tidak dapat membayar Anda kembali setelah satu tahun.

Jika saya mengambil uang yang Anda pinjam dari saya untuk makan, minum, dan bersenang-senang, bahkan jika saya menjual mobil dan semua properti saya, saya tidak akan dapat membayar kembali pinjaman dan bunga Anda.

Demikian juga alasan pertama Tiongkok untuk penjualan besar-besaran surat utang AS, karena AS telah meminjam terlalu banyak uang dan sudah sangat kekurangan dana, dan uang yang dipinjamnya jauh melebihi asetnya.

Sumber: wsj.com
Sumber: wsj.com

Berapa banyak aset yang dimiliki pemerintah AS? Apa saja aset pemerintah AS?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun